Jokowi Akan Lantik 5 Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih
ilustrasi

Jokowi Akan Lantik 5 Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

Kamis, 11 Mei 2017 | 19:40 | Rusmanto

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melantik lima pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017, Jumat (12/5) di Istana Negara.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan besok merupakan pelantikan tahap pertama Kepala Daerah hasil Pilkada 2017.

"Tahap kedua pada awal Juli untuk Daerah Istimewa Aceh, dan Oktober untuk DKI Jakarta," ujar Tjahjo Kumolo kepada wartawan, Kamis (11/5).

Lima pasangan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik adalah Wahidin Halim-Andhika Hazrumy (Banten), Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo), Ali Baal Masdar-Enny Anggraeny (Sulawesi Barat), Erzaldi Rosman-Abdul Fatah (Bangka Belitung), dan Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Papua Barat).

Selain lima pasangan itu, Jokowi juga akan melantik Wan Thamrin Hasyim, Wakil Gubernur Riau yang dipilih DPRD. Wan Thamrin dipilih oleh anggota DPRD Riau. Dia mengalahkan Ruspan Aman dengan perolehan suaran 40 banding 23 suara.

Posisi Wakil Gubernur Riau kosong sejak Annas maamun tertangkap KPK karena kasus korupsi APBD Riau. Annas hanya menjabat enam bulan sejak terpilih pada tahun 2014.

Posisi Annas digantikan oleh wakilnya, Arsyadjuliandi Rachman. Sejak itulah posisi orang nomor dua di Riau lowong.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...