(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jokowi Akan Menghapus Separuh dari 42 Ribu Regulasi

Rusmanto
Rusmanto

Jokowi Akan Menghapus Separuh dari 42 Ribu Regulasi
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menteri Kabinet Kerja memangkas berbagai aturan yang menghambat arus masuk investasi di negeri ini.

Presiden Jokowi mengatakan saat ini terdapat sekitar 42.000 aturan dalam Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Pemerintah (PP), dan Peraturan Menteri (Permen).

"Tahun depan harus hilang minimal separuh di seluruh kementerian. Aturan-aturan ruwet membuat kita terbelenggu, tidak fleksibel, dan tidak bisa melompat," kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat paripurna Kabinet Kerja di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/12).

Dia mengatakan, para menteri harus kreatif dalam menjalankan tugas-tugasnya, tidak monoton, tenggelam dalam rutinitas dan menjalankan business as usual.

"Kita harus bawa tradisi baru, pola baru, cara baru," kata dia.

Dikatakan, hal pertama yang harus diubah adalah orientasi berpikir. Setiap menjalankan pekerjaan, seorang menteri harus berorientasi hasil dan prosedur menyusul di belakang.

Presiden Jokowi mengatakan para menteri harus mengumpulkan dan mengevaluasi semua yang namanya Perpres, PP, dan Permen.

"Hapus yang tidak perlu. Itu yang membuat kita tidak bisa bergerak cepat. Jadi, sekali lagi, orientasi kita adalah orientasi hasil, bukan prosedur. Orientasi kita adalah target, jangan dibalik-balik," kata Presiden Jokowi.

disadur dari situs beritasatu  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});