(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jokowi Akan Reshuffle Kabinet?

Rusmanto
Rusmanto

Jokowi Akan Reshuffle Kabinet? istimewa

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan merombak Kabinet Kerja dalam waktu dekat ini, menyusul terjadinya polemik status dua menterinya. Apa benar reshuffle akan dilakukan dalam beberapa hari ke depan?

Juru Bicara Presiden Johan Budi SP belum bisa memastikan. Namun dia menegaskan persoalan reshuffle merupakan hak penuh Presiden Jokowi yang bisa dilakukan kapan saja.

"Reshuffle itu hak prerogatif Presiden. Jadi, untuk melakukan pergantian atau tidak di kabinet, itu kewenangan Presiden," kata Johan Budi kepada detikcom, Rabu (10/1/2018).

Kabar perombakan ini sendiri kencang berhembus beberapa hari belakangan. Terlebih adanya surat pengunduran diri yang diajukan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa yang hendak maju sebagai calon gubernur untuk Pilkada Jawa Timur 2018. 

Mengenai surat pengunduran diri Khofifah tersebut diyakini Johan sudah dibaca Presiden pada Rabu (9/1) malam. Dia juga yakin Jokowi akan memberi kejelasan mengenai status menteri tersebut dalam waktu dekat ini.

"Mengenai Bu Khofifah yang sudah menyampaikan surat ke Presiden, saya yakin surat itu sudah dibaca Presiden. Saya yakin Presiden juga akan segera membuat keputusan dalam waktu dekat. Mengenai persisnya kapan, saya tidak tahu," kata Johan.

Tak hanya Khofifah, status Menteri Perindustrian yang dijabat airlangga Hartato juga menuai polemik. Sebab Airlangga kini telah berstatus Ketua Umum Partai Golkar.

Mengenai kabar reshuffle ini sendiri telah ditanyakan ke Jokowi. Namun dia tidak memberi jawaban pasti apakah akan dilakukan dalam waktu dekat ni atau tidak.

"Ya, nanti saya jawab satu per satu," kata Jokowi saat ditanyai wartawan di Bendungan Raknamo, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1) kemarin. (detikcom)

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});