Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Listrik Tercanggih di RI

Jokowi Akan Resmikan Pembangkit Listrik Tercanggih di RI

WinNetNews.com - Pembangkit Listrik Tenaga Microhidro (PLTMH) pertama di Indonesia bakal dibangun di Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur, Provinsi Maluku Utara.

Kepala Cabang PT Inconis Nusa Jaya Provinsi Maluku Utara, Azwar Hamid, Selasa, 2 Agustus 2016, menjelaskan, proyek yang dilakukan pihaknya tersebut akan menghasilkan 1,2 Mega Watt tenaga listrik, guna memenuhi kebutuhan listrik di daerah Wasile dan sekitarnya

PLTMH itu menurutnya murni dibangun oleh pihak swasta, bukan Pemerintah. Pembangkit tersebut diklaim memiliki perbedaan tak seperti pembangkit listrik tenaga air yang diketahui pada umumnya.

"Perbedaannya microhidro tidak lagi memakai sumber air yang mengalir seperti bendungan maupun air terjun, melainkan memakai turbin tangki berteknologi tinggi yang akan menghasilkan sumber energi listrik," jelasnya.

Sementara itu, pekerjaan proyek ini harus memakai lahan seluas 8.000 meter persegi. Pekerjaan proyek yang sudah masuk dua pekan itu, dipastikan rampung pada September mendatang dan akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Pekerjaan ini sesuai dukungan swasta dalam program Indonesia Terang yang digadang Jokowi untuk memprioritaskan masalah listrik di kawasan Indonesia timur," tutup Azwar.