Jokowi Akan Resmikan PLBN Skouw di Papua
istimewa

Jokowi Akan Resmikan PLBN Skouw di Papua

Senin, 8 Mei 2017 | 13:14 | Rusmanto

WinNetNews.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan pengecekan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw, Jayapura di Papua. Infrastruktur ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok.

Basuki tiba di Jayapura pada pukul 07.30 WIT di Bandara Internasional Sentani, Papua. Setelah turun dari pesawat, orang nomor satu si PUPR ini pun langsung melakukan koordinasi dengan pejabat terkait untuk persiapan peresmian PLBN Skouw.

Usai berkoordinasi, sekitar pukul 10:30 WIT, Basuki beserta rombongan langsung berangkat menuju PLBN Skouw. Perjalanan dari pusat kota Jayapura ke perbatasan ini sekitar 1 jam 30 menit.

Medan jalan menuju pos perbatasan Indonesia dengan Papua New Guinea ini lumayan berkelok. Setibanya di lokasi, Basuki langsung mengecek beberapa bangunan, mulai dari halaman gedung hingga isi gedung PLBN yang sudah terpasang fasilitas x-ray, counter pengecekan passport.

Bahkan, Basuki juga melakukan pengecekan hingga pintu gerbang antara Indonesia dengan Papua New Guinea (PNG) atau Papua Nugini.

Usai melakukan peninjauan kurang lebih selama 1 jam, Basuki mengaku, akan melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa PLBN Skouw akan dimanfaatkan sebagai kawasan ekonomi baru di perbatasan.

PLBN Skouw pembangunannya dimulai pada 18 Desember 2015, PLBN Skouw yang berlokasi di Distrik Muara Tami Kota Jayapura ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada Selasa (9/5/2017).

Desain Gedung PLBN Skouw ini mengusung budaya lokal Papua dengan mengadaptasi bentuk bangunan khas Rumah Tangfa, penggunaan ornamen lokal, serta penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau ( green building ).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...