Jokowi Akan Terbitkan Perpres Soal Bullying

Jokowi Akan Terbitkan Perpres Soal Bullying

Kamis, 21 Jan 2016 | 11:43 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo akan menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur tentang pencegahan dan penanggulangan perundungan atau tindakan kekerasan terus-menerus (bullying) terhadap anak di satuan pendidikan, termasuk sekolah.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, Perpres ini akan disiapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Ni'am Sholeh.

Pramono menuturkan, selama ini jika terjadi kekerasan terhadap anak, masyarakat biasanya hanya menyelesaikan permasalahan dengan dua cara, yakni melakukan pembiaran atau melaporkan ke polisi. Padahal, menurutnya, masih ada langkah-langkah lain yang bisa ditempuh.

Sementara itu, Menteri Anies menjelaskan, presiden sebelumnya telah memberi arahan agar negara harus hadir dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan perundungan anak di satuan pendidikan. Menurutnya, selama ini tidak ada intervensi khusus terhadap tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

 

"Oleh sebab itu, kami memulai dengan menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2015 yang komponennya ada tiga, yakni penanggulangan, sanksi, dan pencegahan," ujar Anies di Kantor Presiden, Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

Anies berpandangan, penanggulangan harus menjadi komponen pertama, karena data menyebut bahwa 84 persen siswa mengaku pernah mengalami kekerasan di sekolah, sementara 75 persen siswa mengaku pernah melakukan kekerasan di sekolah.

"Ini fakta yang mengganggu sekali dan bila tidak dilakukan langkah luar biasa, maka persoalan ini tidak akan pernah bisa selesai," katanya.

(seperti dilansir dari CNN Indonesia)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...