Jokowi : AWAS, SAYA HANYA TITIP HATI-HATI!!
Sumber : Istimewa

Jokowi : AWAS, SAYA HANYA TITIP HATI-HATI!!

Kamis, 29 Mar 2018 | 15:35 | Oky

Winnetnews.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengingatkan kepada jajaran pemeritahannya dari pusat hingga daerah untuk serius dalam pengelolaan potensi kehutanan nasional.

Hal tersebut berkaitan dengan berbagai program dan juga perencanaan yang sekarang ini tak boleh lagi berorientasi dengan proyek.

Hal itu disampikan oleh Presiden Jokowi pada acara peringatan Hari Pangan Lingkungan Hidup di Tahun 2017 dan Peresmian Landmark Hutan Indonesia yang berlangsung di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) di Ibu Kota pada Rabu (2/8/2017).

“Jangan lagi ada program-program atau rencana-rencana yang orientasinya proyek, sudah, hentikan itu, hentikan” kata Jokowi, seperti yang diwartakan oleh JPNN.com

Mantan Gubernur Jakarta itu bahkan mengisyaratkan bahwa ia memiliki data siapa saja yang kerap menjadikan sektor hutan sebagai mainan proyek.

“Sudah terlalu lama kita bekerja dengan orientasi proyek. Kita blak-blakan saja, kalau saya mau buka satu per satu nanti ramai. Harusnya saudara-saudara tahu semuanya apa yang saya maksudkan,” ancam Jokowi.

Dan untuk rencana ke depannya, Jokowi meminta agar berbagai PR di sektor kehutanan harus diselesaikan. Pengelolan hutan juga harus jelas, mana yang harus dilindungi dan mana yang boleh diambil manfatnya.

Dalam acara itu, mantan Walikota Solo tersebut juga menginstruksikan Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan untuk mengembangkan agroforestri dn silvopasture di Indonesia.

“Kita butuh meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan. Kita juga butuh ketahanan pangan yang bisa kita kembangkan melalui agroforestri dan silvopasture,” papar Jokowi, dilansir dari Kompas.com

Jokowi juga menyebutkan apakah instruksinya tersebut ditindaklanjuti atau tidak.

“Saya akan ikuti terus, akan saya cek. Kalau masih ada yang main-main, awas. Saya hanya titip hati-hati. Kalau sudah saya bilang awas, ya hati-hati,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Agroforestri adalah sistem pengembangan lahan yang mengombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian untuk meningkatkan keuntungan, segi ekonomis dan juga lingkungan.

Semetara Silvopasture adalah praktik menggabungkan kehutanan dan penggembalaan hewan peliharaan untuk saling menguntungkan.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...