Jokowi Berharap Kegiatan Ekonomi di Sulteng Segera Pulih

Jokowi Berharap Kegiatan Ekonomi di Sulteng Segera Pulih istimewa

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan proses penanganan pascagempa di Sulawesi Tengah (Sulteng) berjalan baik. Penanganan ini terkait evakuasi korban, perawatan medis serta pemenuhan kebutuhan lainnya.

"Ini saya ke lapangan lagi untuk melihat kondisi riil setelah saya perintahkan 4 hari lalu baik berkaitan evakuasi, listrik BBM, logistik dan terutama penanganan yang luka. Saya kira semua berjalan dengan baik, evakuasi, alat berat sudah masuk semua," ujar Jokowi di Petobo, Palu, Rabu (3/10/2018).

Selain penanganan medis terhadap korban luka, Jokowi memastikan pasokan listrik akan tercukupi lewat perbaikan gardu induk. Menurut Jokowi, aliran listrik baru terpasok 40 persen. 

"Berkaitan BBM sudah normal kembali. Dalam sehari dua hari pasti memang shock tapi sekarang apa yang dibutuhkan sudah mulai. Logistik sudah mulai masuk dan menyebar. Memang ada tempat yang belum terjangkau, tapi sudah mulai hari ini. Saya perintahkan untuk diantar ke sana," sambungnya. 

Selain itu, Jokowi memastikan pemulihan pasca gempa dilakukan juga terkait dengan kondisi psikis masyarakat. Jokowi juga berharap kegiatan ekonomi segera pulih.

"Kalau segera selesai, kita ingin hidupkan titik ekonomi, baik pasar, toko. Saya sampaikan ke Pak Gubernur agar mereka diajak, diimbau untuk dibuka toko, pasar, sehingga aktivitas ekonomi bergerak kembali. Kita berharap proses ini selesai dan masuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi," tutur Jokowi. (detikcom)