Jokowi Buka Gelaran MTQ Nasional ke 26

Jokowi Buka Gelaran MTQ Nasional ke 26

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo membuka gelaran MusabaqahTilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 di Mataram, Nusa Tenggara Barat. MTQ kali ini akan memperlombakan 18 lomba dan diikuti seluruh provinsi di Indonesia.

Pembukaan MTQ di lakukan di Islamic Center Mataram, NTB, Sabtu (30/7/2016) pukul 20.40 Wita. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, Menag Lukman Hakim Syaifuddin, Mensesneg Pratikno dan beberapa menteri lain.

"Saya memiliki harapan, MTQ yang berkembang di tengah kita bisa mewarnai budaya kita. Bisa membumikan Al Quran agar bisa lebih diapahami," kata Presiden Jokowi.

Jokowi berpesan, agar MTQ tidak hanya dijadikan ajang perlombaan. Lebih dari itu, MTQ harus bisa dijadikan ajang untuk lebih membumikan ajaran Al Quran di tengah masyarakat.

"Dalam MTQ prestasi adalah yang utama namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah membumikan Al Quran. Harus menjadikan Al Quran sebagai nafas kita," tegas Presiden.

Gelaran MTQ yang sudah rutin berjalan harus juga dilihat sebagai perkembangan keilmuan Islam di Indonesia. Menurut Jokowi, akan tiba saatnya nanti negara lain belajar tentang Islam di Indonesia.

"Bila saatnya Indonesia menjadi sumber pemikiran Islam dunia, negara lain harus juga melihat Islam di Indonesia. Islam di Indonesia sudah seperti obat yang paten yaitu Islam moderat," tegasnya.

Beberapa pejabat negara dan gubernur juga terlihat hadir. Selain itu hadir pula perwakilan duta besar negara-negara sahabat.

MTQ kali ini diselenggarakan selama 9 hari, yakni 31 Juli-5 Agustus. Ribuan peserta turut berpartisipasi dalam gelaran dua tahunan ini.

Peserta berasal dari 34 provinsi di Indonesia. Untuk MTQ kali ini, akan ada 18 cabang lomba.  

Sumber: Detik