Jokowi Buka World Islamic Economic Forum ke-12

Jokowi Buka World Islamic Economic Forum ke-12

Selasa, 2 Agt 2016 | 11:49 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Gelaran 12th World Islamic Economic Forum (WIEF) dimulai hari ini, Selasa (2/8). Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang dalam pidato pembukanya, dia menekankan pentingnya toleransi yang harus dijalankan masyarakat muslim dunia.

Saat memberikan pidato pembuka di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (2/8/2016), Jokowi memberikan gambaran beberapa tantangan ekonomi global yang harus dihadapi. Negara-negara Islam diharapkan Jokowi bisa menjadi sebuah kekuatan ekonomi yang berpengaruh di dunia.

"Kita juga mengalami ancaman seluruh dunia, ekonomi dunia lemah dan pemulihannya masih rentan. Kita harus mengakui inovasi dapat menciptakan pemenang dan pecundang, ketika inovasi semakin besar kita bisa memang. Kita harus hati-hati pada inovasi yang didasarkan kerakusan, inovasi harus berkontribusi teradap kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat tidak otomatis dengan inovasi, hanya pemerintah yang dapat memastikan inovasi dapat terasa merata di kaum miskin," kata Jokowi.

Presiden lalu menekankan tantangan lain yang dihadapi warga muslim dunia, yakni masalah toleransi terhadap perbedaan. Di era terbuka seperti saat ini, toleransi adalah sebuah keharusan.

"Yang lebih penting namun paling sulit, kita harus membangun budaya terbuka, di mana kita bukan hanya menoleransi perbedaan, namun secara tulus menghormati perbedaan. Hal tersebut harus ditanamkan sedikit demi sedikit, langkah demi langkah," jelas Jokowi.

12th World Islamic Economic Forum (WIEF) di Jakarta dihadiri beberapa kepala negara atau kepala pemerintahan negara-negara Islam di dunia. Ada 69 negara yang ikut serta dalam acara ini. Konferensi ini akan berlangsung selama 3 hari dari 2-4 Agustus 2016. Jokowi berharap, pertemuan di Jakarta kali ni bisa menghasilkan keputusan strategis yang bisa membangkitkan kesejahteraan masyarakat Islam di dunia.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...