Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi Cabut Larangan Ekspor Minyak Goreng
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan mencabut larangan ekspor minyak goreng. Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada Senin, 23 Mei 2022.

"Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali," kata dia dalam konferensi pers pada Kamis (19/5).

Jokowi menjelaskan kebijakan ini diambil dengan mempertimbangkan sejumlah faktor. Pertama, karena pasokan minyak goreng nasional yang sudah terpenuhi sejak adanya larangan ekspor minyak goreng. 

Kemudian faktor kedua yakni harga minyak goreng curah rata-rata nasional yang terus menurun. Jokowi mengungkapkan harga minyak rata-rata minyak goreng curah sebelum adanya larangan ekspor mencapai Rp19.800 per kg. Saat ini, kata Jokowi, harganya turun menjadi Rp17.200 sampai Rp17.600 per kg.

Meski begitu, Jokowi tak memungkiri harga minyak goreng curah di sejumlah daerah masih cukup tinggi. Namun, ia yakin dalam beberapa minggu ke depan harganya akan semakin terjangkau.

Faktor ketiga alasan Jokowi mencabut larangan ekspor minyak goreng adalah mempertimbangkan adanya 17 juta orang yang bekerja di industri sawit, seprerti petani, pekerja, dan tenaga pendukung lainnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...