Jokowi: Covid-19 Tak Akan Hilang dalam Waktu Dekat, Kita Harus Siapkan Transisi ke Endemi
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi: Covid-19 Tak Akan Hilang dalam Waktu Dekat, Kita Harus Siapkan Transisi ke Endemi

Senin, 13 Sep 2021 | 13:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat. Oleh karenanya, ia meminta agar masyarakat bersiap hidup berdampingan dengan virus tersebut.

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan vaksinasi sejauh ini merupakan cara terbaik dalam melindungi diri dari penyebaran covid-19.Covid-19 ini tidak akan hilang dalam waktu dekat. Masyarakat pun harus siap hidup berdampingan dengan virus tersebut,” katanya dikutip dari akun Instagramnya @Jokowi, Minggu (12/9).

Menurutnya meski Indonsia mengalami penurunan kasus, namun tak boleh ditanggapi dengan euforia berlebihan. Jokowi menilai saat ini merupakan waktu yang tepat untuk mempersiapkan transisi dari pandemi ke endemi.

“Ini perlu saya ingatkan karena kita harus mulai menyiapkan proses transisi dari pandemi ke endemi. Tidak boleh ada euforia yang berlebihan, karena Covid-19 masih ada dan selalu mengintip dan menunggu kelengahan kita. Protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga telah menyebut pemerintah tengah menyiapkan skenario untuk menghadapi Covid-19 sebagai endemi. 

“Secara lebih detailnya itu memang sedang disiapkan skenarionya seperti apa. Tapi pokok-pokoknya seperti itu. Ya penerapan protokol kesehatan tetap berlanjut. Kemudian juga vaksinasi sampai tiga kali. Ini yang sekarang dilakukan oleh pemerintah,” ujarnya.

“Karena itu maka kita akan terus menerapkan protokol kesehatan dan melakukan terus vaksinasi,” tuturnya

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...