Jokowi Curhat Beban Subsidi Energi Capai Rp502 Triliun: Kalau BBM Naik, Pasti Demo

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 10 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi Curhat Beban Subsidi Energi Capai Rp502 Triliun: Kalau BBM Naik, Pasti Demo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Dok. Setpres)

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan beban subsidi energi di ABPN mencapai Rp502 triliun. Jokowi menyebut tak ada negara lain yang memebrikan subsidi energi sebesar itu.

"Tetapi memang yang berat itu APBN. APBN menjadi berat karena subsidinya sekarang untuk BBM, termasuk pertalite, solar, LPG, subsidinya menjadi Rp502 triliun, gede sekali. Enggak ada negara yang seberani kita melakukan ini subsidi segede ini," kata Jokowi dalam keterangan pers secara virtual, dikutip Senin (13/6).

Menurutnya, harga BBM di Indonesia masih cukup terjangkau. Ia membandingkan dengan Singapura yang harga BBMnya mencapai Rp33 ribu.

"Bayangkan kalau Pertalite jadi Rp33 ribu, pasti demo semuanya. Bener nggak? Oleh sebab itu, dengan sekuat tenaga kita pertahankan harga ini. Tetapi ingat, harga yang harus dibayar oleh APBN itu gede sekali," ucap Jokowi.

Terkait subsidi pangan, Jokowi menilai harga beras rata-rata di Indoesia juga masih terjangkau dibandingkan AS yang mencapai Rp52 ribu.

"Bayangkan kalau harga beras di sini menjadi Rp52 ribu, demo setahun nggak rampung-rampung, bener nggak? Ini yang perlu saya sampaikan biar kita semuanya tahu. Oleh sebab itu, kita pertahankan harga beras supaya tidak naik, harga BBM juga tidak naik," tegasnya.

Selain subsidi energi dan pangan, Jokowi mengatakan negara juga memberikan bantuan sosial sebesar Rp154 triliun untuk masyarakat tidak mampu dalam rangka pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Tetapi kita juga harus ingat APBN itu ada keterbatasannya. Ini akan terus kencangkan sampai akhir tahun, entah dengan cara apa, sampai akhir tahun kita kencangkan supaya yang tadi saya sebutkan itu tidak naik dengan subsidi," pungkasnya,

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...