Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Siang Ini, Rombak 2 Menteri dan 3 Wamen

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Siang Ini, Rombak 2 Menteri dan 3 Wamen
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan reshuffle kabinet siang ini, Rabu (15/6). Adapun reshuffle tersebut akan merombak 2 posisi menteri dan 3 posisi wakil menteri.

Menurut sumber di lingkaran 1 pemerintahan Jokowi, 2 menteri yang akan dilantik yakni Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi dan mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR mengganntikan Sofyan Djalil.

"Menteri ATR (Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional) Pak Hadi (mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, Wamen ATR Raja Juli Antoni, Mendag Pak Zulhas (Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan)," kata sumber tersebut, Rabu (15/6).

Selain itu, disebutkan juga John Wempi Wetipi yang saat ini menduduki posisi Wakil Menteri PUPR akan digeser menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri.

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menanggapi isu reshuffle kabinet yang beredar di kalagan elite politik. Menurutnya, tak perlu ada spekulasi terkait reshuffle karena Jokowi tahu apa yang dibutuhkan untuk membantunya menjalankan pemerintahan

"Yang jelas Presiden kan beliau sudah delapan tahun di pemerintahan ini. Beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini," kata Pramono di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).

Pramono kemudian menegaskan penunjukkan dan pemberhentian menteri merupakan kewenangan Jokowi sepenuhnya.

"Itu kewenangan sepenuhnya Presiden, mau kapan orangnya, dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa, presiden yang tahu," tuturnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...