Jokowi Direncanakan Akan Ketemu Presiden China Secara Khusus
ilustrasi

Jokowi Direncanakan Akan Ketemu Presiden China Secara Khusus

Minggu, 14 Mei 2017 | 07:23 | Rusmanto

WinNetNews.com - Agenda kunjungan kerja Presiden Joko Widodo pada hari kedua di Beijing, China, Minggu (14/5/2017), akan dipenuhi oleh sejumlah pertemuan bilateral dan pembahasan kerja sama ekonomi.

Salah satu rencana pertemuan bilateral itu bersama Presiden RRC Xi Jinping.

"Besok kita akan menandatangani tiga dokumen, yang pertama adalah dokumen yang terkait dengan Plan of Action untuk 2017-2022," kata Menlu Retno Marsudi ditemui di Hotel Conrad, Beijing pada Sabtu malam.

Pada Sabtu siang, Retno telah menemui Menlu China Wang Yi membahas agenda pertemuan bilateral yang akan dilakukan oleh kedua kepala negara.

Menurut Retno, dokumen tersebut merupakan implementasi strategi kemitraan komprehensif yang sudah dilakukan oleh Indonesia dan Tiongkok.

Dokumen kedua yang akan ditandatangani oleh perwakilan pemerintahan Indonesia-China adalah mengenai kerja sama ekonomi teknis berupa hibah sekitar Rp 150 miliar untuk membiayai studi tapak terkait pembangunan infrastruktur.

Selain itu, Jokowi juga direncanakan menyaksikan penandatanganan dokumen ketiga yang akan ditandatangani yaitu mengenai kesepakatan pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, ujar Retno.

Sebelum pertemuan bilateral dengan Presiden Xi, Jokowi juga akan menghadiri pembukaan KTT Belt and Road Forum di China National Convention Center bersama 29 kepala negara/kepala pemerintahan.

Usai menerima mitra dari Jepang, Jokowi juga akan melakukan kunjungan ke Masjid Niujie, di Kota Beijing untuk menemui ulama dan tokoh muslim asal Tiongkok. Selain itu, Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Rektor Universitas Tsinghua Qiu Yong.

Kepala Negara juga direncanakan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Polandia Beata Szydo dan menerima pimpinan perusahaan Shanghai Electric untuk membahas investasi.

Jokowi lakukan kunjungan kerja ke Beijing untuk menghadiri KTT "Jalur Sutera baru" yang berlangsung pada 14-15 Mei 2017.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...