Jokowi Divaksin 13 Januari, Wapres Ma'ruf Amin Tunggu Vaksin Pfizer

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi Divaksin 13 Januari, Wapres Ma'ruf Amin Tunggu Vaksin Pfizer
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres)

Winnetnews.com -  Vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan dimulai pada 13 Januari mendatang. Presiden Jokowi diketahui akan menjadi orang pertama yang disuntik menggunakan vaksin corona Sinovac yang sudah didatangkan sejak akhir 2020.

Sementara itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin tak dapat diikut sertakan dikarenakan vaksin Sinovac hanya bisa digunakan  untuk usia 18-59 tahun. Sementara Ma'ruf saat ini berusia 77 tahun.

"Enggak (divaksin bersama Jokowi). Vaksin itu kan khusus umur 58 tahun ke bawah toh, khusus Sinovac. Kalau Abah (Ma'ruf) kan nunggu dulu vaksin berikutnya yang bisa dimungkinkan secara umur di atas 58 tahun. Jadi itu kan pemerintah sedang mengikhtiarkan yang insyaallah pada bulan April itu akan datang," kata Jubir Wapres Masduki Baidowi saat dihubungi, Selasa (5/1).

Baidlowi mengatakan vaksin yang akan diberikan ke Ma'ruf Amin nantinya adalah buata Pfizer.

"Iya yang itu (Pfizer). Ya kan banyak merek lah yang dikirim, yang diikhtiarkan pemerintah Indonesia yang datang setelah Sinovac itu, dan itu setelah dilakukan uji klinis terhadap orang-orang di atas umurnya 58 ya bisa gitu," ujarnya.

Diketahui, vaksin virus corona yang dapat digunakan untuk masyarakat lanjut usia adalah buatan Pfizer. Vaksin tersebut telah mendapat izin darurat dari WHO dan Inggris merupakan negara pertama yang menggunakan vaksin itu.

Vaksin Pfizer sendiri direncakan tiba di Indonesia  pada kuartal III 2021. 

"Abah kan sekarang umurnya 77. Jadi vaksin yang kayak orang-orang di atas kepala 6 semuanya kan cukup banyak itu. Itu akan divaksin itu termasuk Wapres," tuturnya.

"Insyallah enggak (divaksin bersama Jokowi)," tutupnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...