(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jokowi: Fitnah Gak Bermutu

Rusmanto
Rusmanto

Jokowi: Fitnah Gak Bermutu istimewa

Winnetnews.com - Calon Presiden petahana, Joko Widodo membantah tudingan menggunakan earpiece atau wireless earphone saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam Debat Capres kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2) malam.

Saat kunjungan kerjanya ke Pandeglang, Banten, Senin (18/2), Jokowi pun menjawab tudingan yang ramai dibahas di media sosial sejak semalam.

  1. Jokowi sebut tudingan pakai earpiece adalah fitnah



    Capres nomor urut 01 itu menyebut tudingan tersebut sebagai fitnah. "Ada-ada aja sih ini. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusin lah," kata Jokowi. Bahkan, untuk membuktikannya, Jokowi menunjukkan sebuah pulpen ke sejumlah wartawan yang mengikuti kegiatannya hari ini. "Ini pulpen. Cek saja. Jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," tegasnya.
  2. Viral di media sosial



    Dugaan Jokowi menggunakan bantuan wireless earphone yang dipasang di telinganya dan pulpen khusus untuk memberikan kode menjadi viral di media sosial sejak semalam. Salah satu yang menyebarluaskan rumor itu adalah Ketua Koordinator Nasional Pemenangan Sosmed/Digital’ (PRIDE), Anthony Leong, melalui akun Twitternya @thonyleong.

    Dalam akunnya itu, Anthony mengunggah empat foto. Dua di antaranya adalah foto Jokowi. Satu foto ketika Jokowi memegang telinga sebelah kirinya. Satu foto lainnya adalah foto yang menujuk ke arah clip on yang digunakan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Dua foto sisanya adalah gambar tata cara pemasangan wireless earphone ke telinga.

    Kemudian, Anthony memberi caption di keempat foto itu: "Hmmm apa benar?", seolah ingin menunjukkan Jokowi menggunakan wireless earphone itu selama gelar debat kedua dilakukan di Hotel Sultan pada Minggu malam kemarin.
  3. TKN bantah Jokowi menggunakan alat bantu berupa wireless earphone dan pulpen khusus



    Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Abdul Kadir Karding dengan tegas membantah rumor soal Jokowi menggunakan alat bantu berupa wireless earphone dan pulpen khusus. Ia berani mengatakan demikian, karena sebelum naik ke atas panggung, ia turut bersama dengan Jokowi di ruang transit.

    "Kebetulan saya mendapatkan tugas untuk menjemput dalam hal ini Pak Jokowi, Ibu Iriana (istri Jokowi), Mas Erick (Ketua TKN), Pak K.H Ma'ruf Amin, Bobby (menantu Jokowi), Kahiyang, Pak Moeldoko dan Mas Pramono Anung. Saya menyaksikan bahwa tidak ada sama sekali pemasangan alat di tubuh Pak Jokowi berupa earphone, dan pulpen," kata Kadir pada Senin (18/2) saat dikonfirmasi oleh media.

    Kalau pun ada alat yang digunakan oleh Jokowi hanya berupa microphone clip on. Tujuannya, agar suara mantan Walikota Solo itu terdengar jelas ketika berbicara di sesi debat.

    "Pulpen yang dibawa oleh Pak Jokowi juga pulpen biasa. Bukan pulpen khusus seperti yang dinarasikan oleh tim BPN di medsos," kata dia lagi.
  4. TKN mempersilakan tim BPN untuk mengecek kamera CCTV



    Menurut Karding, apabila tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga membutuhkan bukti, bisa dicek di kamera CCTV di ruang transit tersebut. Ia berani memastikan tidak ada alat-alat khusus yang dipasang di tubuh Jokowi sebelum debat digelar.

    "Di dalam CCTV itu saya yakin merekam kegiatan Pak Jokowi sebelum naik ke panggung dimulai dari Beliau masuk, ngobrol sama beberapa orang di dalam situ, berdoa sebelum naik ke stage. Sempat ke toilet, lalu balik lagi dan setelah itu menuju ke stage," ujar Karding.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.idntimes.com dengan judul "Jawab Tudingan Pakai Earpiece Saat Debat, Jokowi: Fitnah Gak Bermutu"

 

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});