Jokowi Jajaki Kerjasama Kereta Api dengan Sri Langka

Jokowi Jajaki Kerjasama Kereta Api dengan Sri Langka

WinNetNews.com -  Pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Demokratik Sosialis Sri Lanka Ranil Wickramasinghe membahas tentang kerjasama bilateral Indonesia dan Sri Lanka di bidang perkeratapian. Jokowi mengatakan, saat ini Indonesia melalui PT Industri Kereta Api (Inka) tengah berupaya memenangkan tender pengadaan kereta api di Sri Lanka.

"Sudah masuk kereta api kita PT Inka ke Bangladesh, sudah berjalan. Ini kita ikut lelang lagi di Sri Lanka. Tadi kita minta PM Ranil memberikan perhatian pada produk Indonesia yang namanya kereta api," kata Jokowi usai pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (3/8).

Baca juga: Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan PM Sri Lanka

Jokowi berharap Indonesia bisa menjadikan Sri Lanka sebagai target pasar industri kereta api dalam negeri. Menurut dia, Indonesia harus mencari alternatif pasar di luar negara-negara yang selama ini menjadi target agar tak terjadi kebergantungan.

"Kita ini kan baru pada posisi menjajaki beberapa negara yang memang memiliki potensi, tapi tidak pernah kita melakukan penetrasi pasar ke negara-negara itu. Ini sekarang baru kita mulai. Sehingga, jangan kebergantungan pada pasar-pasar yang tradisional yang itu-itu saja," ungkap dia.

Ke depan, Indonesia akan lebih mengembangkan distribusi produk industri ke negara-negara berpenduduk menengah, salah satunya Sri Lanka. Namun, upaya ini tanpa mengabaikan negara-negara yang sudah menjadi pelanggan Indonesia.