Jokowi Minta DPR Pilih 5 Capim KPK

Jokowi Minta DPR Pilih 5 Capim KPK

WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo berharap DPR memilih 5 dari 10 capim KPK yang sudah disodorkan. NasDem mengaku akan mempertimbangkan permintaan Jokowi itu.

NasDem sebenarnya masih mempermasalahkan sejumlah poin di capim KPK yang disodorkan pemerintah, sama dengan fraksi lain di Komisi III. Mulai dari ketiadaan unsur jaksa, latar belakang sesuai bidang yang kurang dari 15 tahun, adanya pembidangan, hingga pendaftaran capim yang diperpanjang pansel.

Taufiq pun menekankan bahwa kalaupun NasDem menyetujui capim, masih ada hal yang dianggap cacat hukum. Meski sebenarnya Pansel Capim KPK dan sejumlah pakar sudah menyatakan tidak ada UU yang dilanggar.

Meski merupakan partai pendukung pemerintah, NasDem tidak langsung memastikan akan mendukung penuh keinginan Jokowi, termasuk soal capim KPK ini. Pada rapat pleno Komisi III pada Senin (30/11) mendatang pun, partai pimpinan Surya Paloh ini akan mengikuti arus saja.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengatakan Pemerintah sudah melaksanakan tugas dengan melakukan proses seleksi. Proses itu didelegasikan kepada panitia seleksi independen agar menghasilkan calon pimpinan yang independen pula. Kini, giliran DPR mengerjakan tugasnya.

Baca juga: Proses Seleksi Capim KPK Dilakukan Setelah Reses, Pekan Depan

"Yang paling penting memang menurut Undang-Undang, DPR memilih lima dari sepuluh nama yang diajukan," kata Jokowi usai menghadiri acara CEO Forum di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (26/11/2015).

disadur dari detik news