Jokowi Pastikan Pembangunan IKN Terus Berlanjut Meski Tak Lagi Jadi Presiden

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 4 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi Pastikan Pembangunan IKN Terus Berlanjut Meski Tak Lagi Jadi Presiden
Presiden Jokowi (tengah) saat meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (22/6). (Foto: Dok. Setpres)

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan terus berlanjut setelah dirinya tak lagi menjabat sebagai Kepala Negara pada 2024 mendatang.

"Jadi kalau ada yang masih meragukan, jadi pindah atau tidak, UU-nya sudah ada," kata kepala negara dalam Kongres Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) di Kalimantan Timur, Rabu (22/6).

Menurutnya, masyarakat tak perlu khawatir dengan kelangsungan pembangunan IKN. Ia menekankan UU IKN didukung oleh mayoritas fraksi di DPR dan telah disahkan pada 18 Januari lalu.

"Ada yang bertanya lagi, ini nanti 2024 dilanjutkan atau tidak? lho, sudah ada UU-nya, didukung oleh 93 persen di parlemen, kurang apalagi?" lanjut Jokowi.

Jokowi menyebut gagasan pemindahan ibu kota sudah ada sejak pemerintahan Presiden Soekarno dan selalu muncul di setiap kepemimpinan presiden. Alasannya, kata Jokowi, karena beban yang ditanggung Pulau Jawa sudah terlalu berat.

"Pulau Jawa itu bebannya terlalu berat," kata dia.

Dalam kunjungannya, Jokowi menyampaikan pembangunan ifrastruktur dasar di IKN telah dimulai. Pembangunan itu di antaranya  Bendungan Sepaku Semoi, Persemaian Mentawir, hingga jalan tol.

“Adanya bendungan ini menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” kata Jokowi.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...