Jokowi Peringati Hari Pahlawan di Surabaya

Jokowi Peringati Hari Pahlawan di Surabaya

WinNetNews.com - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, rencananya Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara bendera di Surabaya, Selasa (10/11/15).

Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjelaskan, upacara akan berlangsung di Tugu Pahlawan. Tempat ini terjadi peristiwa perjuangan 10 November 1945 hingga didirikan tugu untuk mengenang para pahlawan.

Upacara bendera ini dijadwalkan berlangsung tepat pukul 08.00 WIB. Selain Jokowi, dijadwalkan turut hadir Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa beserta sejumlah menteri lain yang tergabung dalam Kabinet Kerja.

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Hartoyik sebelumnya menilai, kehadiran Jokowi dalam acara tersebut sangat tepat.

"Surabaya itu tempat pertempuran 10 November 1945 sampai dijuluki 'Kota Pahlawan'. Kami kira sudah sepantasnya upacara dipimpin pemimpin negeri ini," ujar Hartoyik yang dilansir dari liputan 6.

Saksi peristiwa 10 November itu menegaskan bahwa sejak 70 tahun peringatan Hari Pahlawan, upacara untuk memperingatinya belum pernah digelar dan dipusatkan di lokasi aslinya, yakni Tugu Pahlawan. Sehingga tidak sedikit pihak menyayangkannya.

image0

Tugu Pahlawan (WinNetNews/Panoramio)

Tugu Pahlawan merupakan salah satu ikon kebanggaan kota Surabaya. Tugu Pahlawan paku terbalik, yaitu diameter bawah tugu lebih besar dari diameter atas. Tugu ini memiliki tinggi 41,15 meter atau 45 yard dan diameter 3,1 meter, yang semakin ke atas, diameter semakin kecil.

Selain tugu pahlawan, di area ini terdapat patung dan bangunan lain yang menggambarkan perjuangan bangsa Indonesia, khususnya untuk mengenang pertempuran di Surabaya pada tanggal 10 Nopember 1945.

Pada salah satu sisi, terdapat patung mantan presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta ketika sedang membaca proklamasi kemerdekaan diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan.

Pada pilar-pilar juga terdapat tulisan-tulisan pembangkit semangat kemerdekaan yang menyerupai coretan-coretan. Bentuk unik dari pilar ini menjadi tempat favorit untuk berfoto.