Jokowi-Prabowo Dinilai Sama-sama "Miskin" Pengetahuan soal Industri 4.0
Foto: Detik

Jokowi-Prabowo Dinilai Sama-sama "Miskin" Pengetahuan soal Industri 4.0

Selasa, 19 Feb 2019 | 15:20 | Daniel

Winnetnews.com - Debat pilpres 2019 ronde kedua yang dilangsungkan pada Minggu 17 Februari 2019 membahas banyak hal, salah satunya yakni industri 4.0. Meski sudah dibahas oleh kedua pasangan calon presiden, namun menurut Direktur Eksekutif Indonesia for Global Justice (IGJ) keduanya masih “miskin” pengetahuan soal industri 4.0.

Pada pembahasan industri 4.0 di debat capres, fokus pembahasan capres nomr urut 01 dan 02 memang berfokus pada perkembangan industri e-commerce saja. Salah satunya yakni capres petahana Joko Widodo menekankan keberadaan empat unicorn yang dimiliki oleh Indonesia.

image0

“(Capres) terkesan miskin pemahaman soal industri 4.0. Perlu diingat, soal ekonomi digital itu bukan hanya sekadar ‘e-commerce,’ tapi perlu ada pemahaman menyeluruh mengenai isu ekonomi digital, internet of things, dan kaitannya dengan industri,” jelas Rachmi Hertanti melansir dari Antara, Selasa (19/2/2019).

Sebagai pengingat, Jokowi dan Prabowo sama-sama membahas seputar bagaimana cara pemerintah nantinya untuk memajukan unicorn yang ada di Indonesia. Keduanya sama-sama sepakat dan mendukung perkembangan start up baru di Indonesia.

Menurut pemaparan Jokowi, ada empat dari tujuh unicorn di Asia Tenggara yang berasal dari Indonesia. Jokowi yakin regulasi yang mudah dapat mendukung start up baru untuk berkembang dan jadi bagian dari cara pemerintah menyongsong evolusi industri 4.0.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...