Jokowi Prediksi Pemulihan Ekonomi RI Jadi yang Tercepat Setelah China
Presiden Joko Widodo. (Foto: Setkab)

Jokowi Prediksi Pemulihan Ekonomi RI Jadi yang Tercepat Setelah China

Selasa, 28 Jul 2020 | 11:20 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pemulihan ekonomi Indonesia pasca Covid-19 akan menjadi yang tercepat setelah  China pada tahun 2021 mendatang.

Dasar prediksi tersebut adalah proyeksi beberapa lembaga keuangan internasional seperti Bank Duni, Dana Moneter Internasional (Internasional Monetary Fund/IMF), dan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (Organisation for Economic Co-operation and Development/OECD).

"Indonesia diproyeksikan masuk ke kelompok dengan pemulihan ekonomi tercepat setelah Tiongkok. Kalau proyeksi benar, saya kira patut kita syukuri," katanya pada pembukaan rapat terbatas, Selasa (28/7).

Selain itu, Jokowi juga mengatakan predksi pertumbuhan ekonomi global pada 2021 juga termasuk tinggi. IMF memproyeksikan ekonomi dunia tumbuh sebesar 5,4 persen dan diikuti proyeksi dari Bank Dunia sebesar 4,2 persen.

Sedangkan OECD memprediksi ekonomi dunia akan tumbuh berkisar di rentang 2,8 persen hingga 5,2 persen.

"Saya kira kalau perkiraan ini betul, kita akan berada pada posisi ekonomi yang juga mestinya di atas pertumbuhan ekonomi dunia," lanjutnya.

Meski sejumlah lembaga keuangan dunia memberi pertanda baik, namun Jokowi mengimbau untuk tetap tidak lengah dan terus waspada dengan kemungkinan terjadinya gelombang kedua Covid-19.

Menurutnya, kondisi perekonomian dunia saat ini masih tidak menentu, perubahan dalam proyeksi mungkin terjadi kapan saja mengikut perkembangan yang ada.

"Namun, tetap harus waspada, kemungkinan dan antisipasi kita terhadap risiko terjadinya gelombang kedua dan masih berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global 2021," pungkas kepala negara.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...