Jokowi: Semua Harus Berubah Total

Rusmanto

Dipublikasikan 6 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi: Semua Harus Berubah Total
WinNetNews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menko Perekonomian dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani, meluncurkan Paket Kebijakan Ekonomi XII di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/4).

Paket Kebijakan itu difokuskan untuk mendongkrak peringkat Kemudahan Berusaha (Ease of Doing Business/EODB) di Indonesia dari 109 menjadi 40, pada tahun depan.

“Target yang saya berikan adalah peringkat 40. Semua harus berubah total. Tapi kalau sudah tembus angka 60-70 sudah okay. Kita sudah melewati Vietnam,” kata Presiden Jokowi.

Dia mengatakan, pemerintah akan melakukan perbaikan menyeluruh disertai upaya ekstra, baik dari segi peraturan, prosedur perizinan, maupun biaya agar peringkat kemudahan berusaha di Indonesia, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) meningkat.

 

Presiden Jokowi mengatakan, Nawa Cita mengamanatkan agar Indonesia dapat menjadi bangsa mandiri secara ekonomi dan berdaya saing. Untuk mencapai amanat Nawa Cita, katanya, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mempermudah memulai usaha bagi Usaha Kecil Menengah (UKM), melalui penyederhanaan prosedur, penurunan biaya, dan percepatan waktu penyelesaian atas beberapa aspek, di antaranya, memulai bisnis, izin mendirikan bangunan (IMB), pendaftaran properti, mendapatkan sambungan listrik, akses kredit, dan sebagainya.

Dikatakan, pemerintah melakukan banyak perubahan pada Paket Kebijakan XII. Misalnya, indikator untuk memulai usaha (starting a business) dari sebelumnya calon investor harus melalui 13 prosedur dalam waktu 47 hari, besaran biaya Rp 6,8-7,8 juta, dan mengurus 5 jenis izin (SIUP, TDP, Akta Pendirian Izin Tempat Usaha, Izin Gangguan). Saat ini, kata Presiden Jokowi, pengusaha cukup mengurus tujuh jenis prosedur dalam waktu 10 hari, dengan biaya Rp 2,7 juta. Selain itu, izin yang diurus hanya tiga yaitu SIUP dan TDP terbit bersamaan, dan Akta Pendirian.

“Semuanya disederhanakan. Pemerintah lakukan terobosan untuk mempermudah UMKM. Ada penurunan biaya, percepatan waktu atas beberapa aspek. Saya berharap ada dampak signifikan,” kata Presiden Jokowi.

disadur dari situs beritasatu

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...