Jokowi: Semua Kekayaan Indonesia Harus Dijaga dan Tidak Dieksploitasi Berlebihan

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 11 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jokowi: Semua Kekayaan Indonesia Harus Dijaga dan Tidak Dieksploitasi Berlebihan
Presiden Joko Widodo (Foto: Sekretariat Presiden)

Winnetnews.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia memiliki banyak geopark yang tersebar di berbagai daerah. Ia berharap kekayaan alam yang dimiliki Indonesia itu dapat dijaga dan tidak dieksploitasi berlebihan.

Menurutnya, penting untuk semua pihak memiliki rasa tanggung jawab terhadap keberlangsungan lingungan dan ekosistem. Sebab, jika lingkungan hidup terjaga dan lestari akan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

"Semua keragaman dan kekayaan yang kita miliki harus kita jaga dan lindungi, tidak dirusak dan dieksploitasi secara berlebihan," kata Jokowi saat berpidato di Konferensi Nasional Geopark Indonesia II secara virtual, Senin (22/11).

Jokowi menambahkan geopark harus dijaga, dilindungi, dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya adalah dengan melakukan konservasi agar unsur-unsur geologi yang masih utuh tidak mengalami kerusakan.

"Menjaga warisan geologi, geoheritage, serta nilai-nilai di dalamnya seperti nilai arkeologi, ekologi, sejarah, dan budaya sehingga bisa terus diwariskan kepada generasi yang akan datang," ujarnya.

Selain menjadi kawasan konservasi, Jokowi mengatakan geopark dapat dikembangkan menjadi tempat edukasi dan pengembangan ekonomi masyarakat sekitar melalui geowisata.

"Sehingga menjadi keseimbangan antara konservasi lingkungan dengan pemanfaatannya untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat," jelas Jokowi.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...