Jokowi Tolak Permintaan Anies Terkait Karantina Wilayah Jakarta
Foto: Tempo.co

Jokowi Tolak Permintaan Anies Terkait Karantina Wilayah Jakarta

Selasa, 31 Mar 2020 | 12:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -   Permintaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penerapan karantina wilayah di Jakarta ditolak oleh Istana. Hal ini berhubungan dengan keputusan kebijakan yang diambil Jokowi, yakni pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Tidak diterima, itu otomatis ditolak," kata juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, dilansir dari detik.com. Fadjroel juga menambahkan permintaan karantina wilayah Jakarta ditolak usai  Jokowi mengumumkan penerapan kebijakan pembatasan sosial berskala besar.

Meski begitu, ia menjelaskan, saat ini pemerintah daerah masih bisa menerapkan isolasi terbatas di wilayahnya, seperti di tingkat RT/RW atau desa.

"Walaupun ada kebijakan, sebenarnya bisa dikerjakan nanti oleh pemda dengan istilah isolasi terbatas. Ada tingkat RT, RW, desa/kelurahan dengan kebijakan gubernur, misalnya. Tapi, kalau tingkatan nasional atau provinsi itu harus di tangan Presiden. Tapi Presiden tidak mengambil karantina wilayah," jelasnya.

Dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi, pembahasan hanya terkait pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar dan aturan mengenai mudik, sementara terkait  PP Karantina Wilayah yang sebelumnya disebut tengah disiapkan pemerintah tidak dibahas dalam rapat tersebut.

"Otomatis sekarang tidak dibahas. Yang tadi dibahas PSBB pendisiplinan hukum saja, kemudian yang kedua dibahas tadi tentang keppres dan inpres mengenai mudik Lebaran," jelas Fadjroel.

Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona, Gubernur DKI Anies Baswedan sebelumnya mengirim surat ke pemerintah pusat yang permintaan memberlakukan karantina wilayah di Jakarta.

Adanya surat itu diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud Md. Mahfud mengatakan surat itu tertulis tanggal 28 Maret dan diterima 29 Maret 2020.

"Ya, suratnya bernomor 143 tertanggal 28 Maret 2020, diterima tanggal 29 Maret 2020 sore," kata Mahfud.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...