Jokowi Umumkan Paket Ekonomi XII Sore Ini

Jokowi Umumkan Paket Ekonomi XII Sore Ini

WinNetNews.com - Pemerintah memastikan akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid XII pada sore ini, Kamis 28 April 2016, di Istana Negara.

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. “Kami akan mengumumkan paket deregulasi nanti sore,” kata Darmin di Kompleks Kepresidenan, Jakarta.

Meski begitu, mantan Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan tersebut enggan merinci apa saja insentif yang akan diberikan. Intinya, kata dia, paket ini akan langsung diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Presiden nanti yang akan mengumumkan di Istana,” ucap Darmin.

Sebagai informasi, Deputi Bidang Peniagaan dan Industri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Putra Irawady mengungkapkan, kemudahan izin berusaha di berbagai sektor akan kembali menjadi sasaran pemerintah dalam paket kebijakan ekonomi jilid XII.

 

Namun, kali ini reformasi struktrual yang dilakukan akan lebih mendasar. “Sekarang kami masuk ke yang lebih mendasar. Kalau paket ekonomi yang kemarin, itu hanya peraturan yang menghambat dan menjadi beban,” ujar Eddy, saat ditemui dikantornya, Jakarta.

Eddy menjabarkan, reformasi struktural yang mendasar itu akan mencakup aturan-aturan dasar yang berada di tiap Kementerian/Lembaga terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Perdagangan, Menteri Dalam Negeri, sampai dengan Pemerintah Daerah.

Dalam paket ini, lanjut dia, akan ada sepuluh poin utama yang disasar. Sayangnya, Eddy enggan membeberkan terlalu jauh.

Sumber dari VIVA, Jakarta

Foto: REUTERS/Francois Lenoir