(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jomblo Bisa Bahagia Kok

ALXUNDR
ALXUNDR

Jomblo Bisa Bahagia Kok sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Jomblo ? Apa sih yang ada dibenak kita ketika mendengar kata jomblo? Kebanyakan orang langsung berpikir ‘single’, tidak mempunyai pasangan, bebas, dan ada juga yang menganggap jomblo itu menyedihkan, jomblo itu tidak mempunyai teman jalan, teman ngobrol, teman yang mensupport. Jomblo, kata ini sudah akrab terdengar ditelinga. Kata jomblo memang tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, karena ternyata kata jomblo berasal dari kata jomlo. Jomlo berasal dari bahasa sunda yang dibakukan kedalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dan memiliki arti negatif dari gadis tua. Kata ini digunakan untuk menyebut perempuan yang sudah tua namun belum menikah atu memiliki pasangan. Kenapa kata jomlo menjadi kata jomblo? Ternyata kata jomlo sendiri bila dihafalkan, lebih enak ditambahi kata ‘b’ sehingga hingga kini, kata yang digunakan adalah jomblo.Seiring perkembangan zaman, kata jomblo mengalami perluasan makna, tidak hanya digunakan untuk perempuan namun ternyata juga bisa digunakan untuk para laki-laki.

Kebanyakan orang mungkin berpikir jomblo itu bahagia, bebas, bisa kemana saja sama siapa saja, tapi tidak sedikit juga yang sudah berpikir positif, juga mempunyai pikiran atau perasaan negatif perihal status jomblonya itu seperti, iri terhadap temannya yang sudah mempunyai pasangan, atau melihat pasangan-pasangan ditempat umum.

Banyak sekali orang dari narasumber yang sudah saya wawancarai mengatakan bahwa negatifnya menjadi jomblo itu adalah tidak mempunyai teman ngobrol, dan hampir semua yang merasakan sedih dengan status jomblo nya itu adalah karena iri melihat pasangan-pasangan lainnya, contohnya ketika saya bertanya “negatifnya menjadi jomblo?” kepada seorang narasumber berinisial CR, dia menjawab “jomblo itu kesepian, kurang kasih sayang, tidak mempunyai suppot person”.

Saya juga menemukan sebuah artikel lainnya yang mendukung bahwa jomblo itu menyedihkan adalah ada seorang pria yang memang sudah cukup umur untuk menikah namun masih berstatus jomblo dan ada seorang tetangganya yang menanyakan tentang statusnya yang masih jomblo, si pria ini merasa tersinggung dan pada akhirnya dia membunuh si ibu yang menanyakan tentang statusnya itu. Dari sini status jomblo atau sebutan jomblo tidak bisa digunakan dengan sembarang, dan kita sebagai sorang jomblo juga tidak boleh menganggap jomblo itu adalah sebuah hal yang harus disedihkan. Kata jomblo disini bisa membuat seseorang merasa tersinggung bahkan menyakiti hati, yang bisa membuat seseorang melakukan sutau hal yang tidak seahrusnya dilakukan hanya karena sebutan ‘jomblo’.  

Jomblo atau single sebenarnya suatu hal yang sama, namun nyatanya sebutan jomblo dan single mempunyai beda artian. Jomblo biasanya disebutkan atau dipakai untuk orang-orang yagng merasa dirinya sedih, miris, haus akan kasih sayang, ingin memiliki pasangan, dan sebagainya yang lebih kearah negatif sedangkan single biasanya disebutkan atau dipakai untuk orang-orang yang memang bangga akan dirinya yang masih sendiri, atau menikmati kesendiriannya atau juga yang memang memilih untuk sendiri, dan ada juga yang mengatakan bahwa jomblo itu nasib sedangkan single itu pilihan.

Karena itu beberapa orang lebih memilih disebut single atau menyebut dirinya single karena tidak mau dianggap menyedihkan, ga laku dan hal negatif lainnya. Jomblo bahkan ada nama lainnya lagi yaitu jones (jomblo ngenes).

Ada beberapa faktor yang membuat seseorang yang jomblo merasakan sedih, merasakan iri hati karena melihat temannya, adik, saudara yang lebih dulu mempunyai pasangan, atau bahkan disaat lagi jalan-jalan sendiri di mall dan melihat banyak pasangan yang sedang jalan berduaan, atau juga melihat postingan di instagram yang isinya orang-orang yang mempost foto dengan pasangan sedangkan kamu mempost foto sendiri. Jomblo karena baru putus dan ternyata mantan lebih dulu mempunyai pasangan  sedangkan kamu move on aja belum. Ditanya kapan mempunyai kekasih oleh orang sekitar atau bahkan orang tua, biasanya yang bertanya itu pihak perempuan yaitu ibu, sedangkan bapak hanya ikut-ikutan. Tidak mempunyai temen jalan, kalau sahabat yang biasa kita ajak jalan sudah mempunyai pasangan atau mempunyai kesibukan sendiri biasanya kita yang jomblo akan merasakan kesedihan karena gapunya temen jalan. Tidak ada support, jujurlah bahwa support dari orang tua, sahabat, dan pacar itu mempunyai kekuatan yang berbeda, biasanya support dari pacar akan mempunyai kekuatan yang lebih besar atau dampak yang lebih kuat untuk kita. Harus peka terhadap diri sendiri, apa –apa haus beli sendiri,cari sendiri, bayar sendiri, biasanya pemikiran yang jomblo terhadap yang mempunyai pasangan itu adalah mereka yang bisa kode sama  pacarnya, dibeliin barang dihari-hari tertentu misalkan anniversary, valentine, tukeran kado natal, ulang tahun, dan hal-hal lainnya. Engga ada teman untuk berbagi, selain sahabat dan orang tua, pacar biasanya dijadikan teman bercerita, apalagi kalau sahabat kuta sudah mempunyai pacar juga pasti kita akan lebih merasa tidak enak menggangu mereka untuk hanya sekeda bercerita. menemukan atau bahkan mencari quotes galau yang membuat kamu yang jomblo menjadi lebih terpuruk, karena banyak sekali sekarang yang membuat account yang berisi quotes galau, atau meme tentang betapa sedihnya menjadi jomblo.mendengarkan lagu galau ketika sedang sedih, hal ini banyak sekali dilakukan oleh para remaja bahkan yang sudah dewasapun masih melakukan hal ini diana disaat kamu sedih kau malah mendngarkan lagu galau yang membuat mood atau suasana hati kamu tambah mellow dan tambah sedih. Mengasihani diri sendiri, yang awalnya sebenarnya kamu bisa menikmati hidupmu dengan aktifitas lain tapi yang kamu lakukan adalah mengaihani diri dan tidak mencoba untuk melihat ke arah yang lebih positif. Terus menunggu dan tidak maju kedepan, kalau kamu mepunyai pikiran ‘jodoh udah diatur’, ‘jodoh ditangan Tuhan’ , ‘jodoh ga kemana’ , rubahlah pikiran itu dan berushalah untuk mencari pasangan, karena jika hanya mengandalkan Tuhan tapi kita tidak mempunyai usaha, hal yang kita harapkan tidak akan kita dapatkan. Merasa fisik kurang memuaskan atau kurang cantik, tampan, kita harus ubah pemikiran itu karena setiap manusia mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu yang belum mempunyai pasangan harus mengetahui carilah pasangan yang bisa menerima kamu apa adanya, yang bisa membawa pengaruh positif, karena kasih yang tulus tidak pernah memandang fisik.

Bagi para jomblo dan yang sudah kepengen banget mempunyai pasangan, jangan jadikan kesedihan karena status kamu yang jomblo itu untuk cepat-cepat mencari pasangan. Menurut salah satu narasumber yang saya wawancarai dia memilih untuk sendiri karena takut untuk salah memilih pasangan yang nanti ujungnya akan membuat sakit hati. Pacaran itu jangan untuk main-main karena sebenarnya pacaran yang benar itu adalah mereka yang mempunyai tujuan kedepannya bukan hanya untuk gaya-gayaan atau bahkan karena takut disebut jomblo. Sebenarnya lebih sedih disakiti oleh seseorang diabanding menjadi seorang jomblo, karena jika sudah disakiti oleh seseorang kita biasanya akan susah untuk melupakan orang itu atau apa yang sudah diperbat oleh seseorang kepada kita sedangkan menjadi jomblo kamu bisa merubah pikiran orang-orang termasuk kamu sendiri bahwa jomblo itu tidak menyedihkan dan seorang jomblo bisa melalakukan banyak hal positif yang bisa menyenangkan diri mereka sendiri.

Menjadi jomblo juga mempunyai banyak hal positif yang bisa membuat bahagia atau untuk diri sendiri atau orang lain, karena kamu jomblo kamu jadi lebih banyak waktu berkumpul sama keluarga, biasanya kamu yang mempunyai pacar akan menghabiskan waktu weekend pasti sama pacar dibandingkan sama keluarga, akan sibuk chattingan sama pacar disaat kumpul keluarga dan hal lainnya tapi kamu coba lihat betapa pentingnya peran keluarga karena disaat kamu putus sama pacar kamu atau kamu lagi jomblo yang akan selalu ada untuk kamu adalah keluarga, karena seberapa urukpun keadaanmu atau kondisimu yang pasti akan selalu adalah keluarga, bebas berteman dan hangout sama siapa aja, nah yang ini sering banget susah terjadi di kalangan remaja yang mempunyai pasangan, biasanya pacar kamu akan mmembatasi kamu untuk pergi atau ngumpul bareng temen-temen, misalkan gaboleh pergi kalau ada orang yang tidak disukai oleh pasanganmu, karena itu kamu akan susah untuk sekedar hangout atau ngumpul sama temen-temen kamu, apalagi dijaman sekarang banyak banget terjadi persahabatan antar cewe-cowo, biasanya kalau kamu yang udah berpacaran akan susah nih kalau mempunyai sahabat yang berlawan jenis, kalau kamu jomblo kamu juga tidak perlu selalu memberi kabar kepada pasangamu, dimana kamu, lagi ngapain, sama siapa aja, pulang jam berapa dan hal lainnya yang biasa orang pacaran lakukan ke pasangannya dengan kamu jomblo kamu bisa melakukan hal sebebas yang kamu mau, pergi dengan siapa aja, dan kamu akan mempunyai kebebasan untuk memilih, kamu juga perlu tau membangun relasi dengan orang lain sangatlah penting bahkan untuk kamu yang jomblo dengan membangun relasi dengan orang lain bisa menemukan seseorang yang mungkin cocok atau pas untuk menjadi pasanganmu, bebas dalam karier dan karya, definisi bebas itu juga perlu untuk masalah karier dan passionmu sendiri. Carilah bakat dan minatmu dan kembangkan dengan fokus supaya kamu bisa mempergunakannya nanti disaat kamu sudah kerja atau bahkan kamu bisa menjadikan bakat dan minatmu menjadi sebuah hal positif untuk mengisi waktu luangmu, tidak perlu mengeluarkan uang banyak, nah hal ini juga nih yang menjadi salah satu hal positif untuk kamu para jomblo, kalau yang lain sudah mempunyai pasangan pasti selalu ada deh dimana harus bayarin makan, nonton, belanja atau membelikan sesuatu untuk pasangan misalkan dihari uang tahunnya, anniversary, valentine day, tahun baru dan hari-hari lainnya  nah untuk kamu yang jomblo kamu akan bebas untuk belanja atau makan tanpa harus terlihat lebih hebat oleh orang lain, selama itu uang kamu sendiri kamu bebas membelanjakannya. Punya banyak waktu untuk merawat diri, nah ini yang jarang kamu para jomblo inget, untuk kamu yang jomblo kau mempunyai banyak sekali waktu untuk diri kamu sendiri, biasanya kan para jomblo cuek dengan penampilan nah mulai sekarang cobalah untuk mulai merawat diri atau sekedar me time, atau pergi berlibur sendiri, belanja sendiri, nonton bioksop sendiri karena terkadang biasanya yang mempunyai pasangan kadang akan banyak ngobrol atau bahkan lebih fokus ke pasangannya dibanding dengan film yang lagi ditonton atau hal-hal lain yang kamu lakukan sendiri karena terkadang dengan melakukannya sendiri kamu bisa lebih menikmati dan lebih bebas untuk melakukan apa yang kamu sukai. dengan kamu jomblo kamu  isa mengambil segala keputusan sesuai dengan diri kamu sendiri, dan bisa bebas melakukan apa yang memang kamu sukai dan tidak perlu membuat dirimu terkekang karena pasanganmu, dan kamu para jomblo harus mengetahui hal ini, banyak sekali anak muda yang sudah sukses, didunia ini pasti semua membutuhkan uang termasuk kamu pastinya dan kamu perlu mengakui suatu hal bahwa uang adalah salah satu faktor kebahagiaan seseorang, karena dengan uang kamu bisa belanja apa saja, melakukan apa saja, pergi kemana saja yang kamu mau, karena itu kamu para jomblo nikmatilah masa kesendirianmu dengan hal yang lebih berguna dan lebih bermanfaat, banyak anak-anak usia muda yang sudah mempunyai omset rpuluhan bahkan ratusan juta perbulannya, nah jika kamu nanti menjadi salah satunya kamu bisa menikmati hidup dengan kebahagaiaan dan akan jodohmu juga Tuhan akan kirimkan tapi kamu harus tetap usaha untuk mencari yang terbaik.

Jika kamu bisa memanfaatkan waktu jomblomu dengan baik dan mengisinya dengan hal positif dan terus mengejar impianmu, kamu tidak akan merasakan kesedihan menjadi jomblo karena lingkunganmu sudah dipenuhi dengan aura yang positif, mulaila membaca quotes yang positif, mendengarkan lagu yang membangkitkan mood.

Ingat kebahagiaan itu kita sendiri yang ciptakan, jadi jomblo atau single pun bisa bahagia kok, bahkan bisa lebih bahagia dibandingkan mereka yang sudah mempunyai pasangan, dan selalu inget juga kamu mempunyai banyak sekali waktu untuk dirimu sendiri, dan percayalah bagi mereka yang mempunyai pasangan pasti akan merindukan atau membutuhkan yang namanya me time atau waktu untuk mereka sendiri, karena hidup kita bukan selalu untuk atau tentang orang lain.

Kamu sebagai jomblo harus merubah pandangan atau pikiran dirimu sendiri tentang jomblo yang sedih dengan mengubahnya kamu bisa membagikan pemikiran positif kamu ke oramg disekitar kamu, dan merubah pikiran negatif mereka tentang jomblo kearah yan positif.

Kalau kamu dibilang ga laku oleh orang lain, beranikan menjawab misallkan ‘tahu aku enggal laku darimana? Kan itu urusanku dengan Tuhan”, “engga apa-apa tidak punya pacar yang penting karier lancar” nah buktikan kalau kamu bisa memanfaatkan waktu sendirimu dengan baik. “kalau belum ketemu yang pas, masa iya mau maksa-maksain diri buat kelihatan laku keras” nah kamu yang memang belum menemukan pasangan yang pas jangan pernah memaksakan diri untuk menjalin suatu hubungan, karena menjalin suatu hubungan butuh kesiapan diri, dan yang terakhir “iya yang punya pacar eang udah laku, tapi kamu kan enggak tau siapa yang akan menikah lebih dulu” nah ini nih untuk kamu para jomblo jangan akut dengan kata ga laku, karena yang pacaran aja belum tentu menikah loh, jadi kamu yang masih jomblo carilah seseorang yang memang pas dihati, yang sesuai kamu mau, yang seiman, yang memang kamu cari supaya nanti jika kamu sudah yakin untuk menjalin suatu hubungan, hubungan itu akan menjadi hubungan yang kuat, hubungan yang sehat, bahagia dan bisa sampai ke arah yang lebih serius atau ke sampai ke jenjang pernikahan.

Karena itu, sebagai para jomblo, kalian harus bisa memulai untuk berfikir positif tentang status kalian yang jomblo dan dengan kalian mengerti atau tau banyak hal positif yang bisa kalian ambil kalian bisa memulainya dengan membagikan keahagiaan kepada orang disekitar kalian, karena kebahagiaan itu memulai, kalau kita ga memulai dan saling menunggu, tidak akan ada hasilnya guys, so let’s start to share the happiness to other people

 

Artikel ini ditulis oleh Hanny

Mahasiswi London School of Public Relations, Semester 3.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});