Jonan Gelisah Layanan Stasiun Gambir Pindah ke Manggarai

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Jonan Gelisah Layanan Stasiun Gambir Pindah ke Manggarai Stasiun Manggarai, Jakarta direncanakan menjadi stasiun utama untuk melayanai perjalanan kereta jarak jauh dan Bandara Soetta pada 2021. [Foto: Merah Putih]

Winnetnews.com - Baru-baru ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (Ditjen KA) telah memutuskan terkait kebijakannya mengalihkan perjalanan dari dan ke luar kota maupun Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang sebelumnya beroperasi di Stasiun Gambir dipindahkan ke Stasiun Manggarai.

Ditjen KA mengklaim Stasiun Gambir nantinya hanya diperuntukkan pelayanan KRL Commuter Line dan kereta khusus kepresidenan pada 2021. Ke depan, Manggarai akan menjadi pusat perjalanan kereta jarak jauh.

Menyikapi isu pengalihan layanan kereta tersebut, rupanya membuat eks Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan gelisah. Bukan tidak mungkin jika bekas Direktur Utama (Dirut) PT KAI ini gelisah lantaran ruas jalur Stasiun Manggarai tidak mendukung layanan kereta jarak jauh maupun kereta bandara.

Melansir Detik, kritik Jonan itu disampaikan pada kolom komentar Instagram detik.com dengan judul berita Mulai 2021, ‘Gambir Tak Lagi Layani Kereta Jarak Jauh’.

Eks Riektur Utama (Dirut) PT KAI, Ignasius Jonan. [Foto: Republika]

"Menurut saya sebagai mantan Menhub dan mantan Dirut KAI, Gambir harus tetap melayani kereta api jarak jauh seperti Tokyo Central Station dan banyak central station lain di banyak kota besar di dunia. Pengalihan ke Stasiun Manggarai tidak tepat," tutur Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ini.

Menurutnya pengalihan ke Stasiun Manggarai tidak tepat karena lalu lintas di kawasan tersebut masih sangat menantang. Selain itu, Stasiun Manggarai adalah stasiun pengendali dari banyak arah perjalanan kereta api, termasuk ke bandara.

Komentar tersebut mendapatkan banyak tanggapan dari akun lainnya. Setidaknya ada sebanyak 81 likes dan 15 orang yang sependapat dengan Ignasius Jonan.

"Setuju," tulis @yunanto_kharis.

"Setuju pak, stasiun Gambir masih yang terbaik dari segi lalin (lalu lintas) sama tempat parkiran," kata @ariswasisto.

Apa Reaksi Kamu?