(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Jonatan Terancam Tidak Ikut BWF World Tour Finals

Rusmanto
Rusmanto

Jonatan Terancam Tidak Ikut BWF World Tour Finals istimewa

WinNetNews.com - Kurang dari sebulan lagi ajang paling tinggi bulutangkis dunia yakni final Tour BWF akan dilangsungkan di Guangzhou, China.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan Federasi Bulutangkis Dunia itu, final Tour BWF akan digelar mulai 12 hingga 16 Desember 2018 di Tianhe Gymnasium, Kota Guangzhou.

Sesuai aturan yang berlaku, hanya 8 pebulutangkis dalam setiap kategori yang bisa bertanding di final yang berhadiah total 1.500.000 dolar AS itu. Mereka yang lolos ke final ini hanyalah yang bercokol di rangking 8 besar Tur BWF (bukan rangking dunia).

Sejauh ini BWF belum mengeluarkan undian siapa saja yang berhak lolos ke final. Sebab, persaingan merebut tiket masih cukup ketat dan masih ada 2 turnamen yang harus diselesaikan pebulutangkis sebelum final Tur BWF, yakni Hong Kong Terbuka 2018 dan Korea Masters 2018.

Indonesia memiliki beberapa wakil yang berpeluang besar lolos ke final Tur BWF. Di tunggal putra ada Tommy Sugiarto, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.

Hanya saja, baru Tommy yang berpeluang besar mendapatkan tiket ke final. Sebab, dari rangking sementara Tur BWF, Tommy berada di rangking 2 dengan poin 71.460.

Sedangkan Anthony Ginting, meski kini berada di rangking 6, tapi dia harus bekerja keras untuk mempertahankan rangking itu. Sebab, di kategori tunggal putra, persaingan poin sangat ketat dengan jarak rata-rata cuma 1.000 poin.

Saat ini, Ginting memiliki poin 56.960. Sedangkan pemegang rangking 7, Lin Dan, memiliki poin 56.220. Dan rangking 8, Suppanyu Avihingsanon telah mengoleksi 55.190.

Rangking Ginting tak cuma bisa disalip Lin Dan dan Suppanyu. Tapi, juga bisa disalip pemegang rangking 9 dan 10.

Di rangking 9 ada wakil India, Sameer Verma, dengan poin 54.580 dan di rangking 10 ada wakil Jepang, Kenta Nishimoto dengan poin 54.180.

Sementara itu, prestasi buruk yang ditorehkan Jonatan Christie di beberapa turnamen usai merebut medali emas di Asian Games 2018, membuat peluangnya untuk bisa lolos ke final tur BWF sangat sulit. Sebab, Jojo saat ini cuma bisa  bercokol di rangking 11 BWF dengan poin 53.430.

Namun, dia bisa saja lolos ke final BWF dengan syarat yang cukup berat, yakni harus bisa menyapu bersih gelar juara di dua turnamen tersisa.

Untuk diketahui, juara Hong Kong Terbuka akan mendapatkan poin sebanyak 9.200 dan juara Korea Masters akan mendapatkan poin 7.000.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di www.viva.co.id dengan judul "Prestasi Buruk, Jonatan Christie Terancam Tak Lolos ke Final Tur BWF"

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});