Jual Ginjal untuk Beli iPhone, Pria Ini Terbaring Lemah di Ranjang

Nurul Faradila

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jual Ginjal untuk Beli iPhone, Pria Ini Terbaring Lemah di Ranjang
Foto: Pexels/Jeshoots

Winnetnews.com -  Pernyataan jual ginjal untuk membeli iPhone, ternyata bukan hanya sekadar candaan. Seorang pria beranama Wang Shangkun, diketahui memutuskan untuk menjual organ vitalnya itu ke black market demi mendapatkan uang sebanyak USD 3,200 (Rp45 juta).

Dilansir dari UNILAD, Shangkun yang saat itu berusia 17 tahun dan tinggal bersama keluarganya tinggal di provinsi termisikin di Cina, ingin membeli iPad 2, namun ia tidak mempunyai uang untuk itu. Saat sedang menggunakan internet, dia menerima pesan dari seseorang di ruan obrolan, yang mengatakan kalau dia bisa memberikan Rp42 juta, jika menjual organ tubuh.

Kepada media lokal, China Network Television, Shangkun mengatakan bahwa dia melakukan operasi ilegal di provinsi Hunan. Operasi yang dilakukannya itu, bertujuan untuk mengambil ginjalnya yang sebelah kanan dan kemudian dikirimkan ke penerima.

Proses operasi dilakukan oleh dua orang dokter yang juga bekerja di rumah sakit setempat. Setelah mendapatkan uang, remaja ini membeli iPad 2 dan iPhone 4. Melihat dua perangkat elektronik miliknya, orang tua Shangkun merasa curiga dan memintanya untuk berkata jujur.

“Ketika dia tidak dapat merahasiakannya lebih lama, dia akhirnya mengatakan pada kami. Dia bilang, ‘Ibu, aku menjual ginjalku.’ Saat dia mengatakan itu, aku merasa langit jatuh ke keluarga kami,” kata ibunda Shangkun kepada BBC.

Wang Shangkun
Ilustrasi rumah sakit. Foto: Unsplash/Ali Yahya

Setelah hal ini terungkap, sembilan orang yang terlibat dalam proses operasi, segera ditahan. Sementara itu, pria berusia 21 tahun ini mengalami infeksi karena lokasi operasi yang tidak steril dan kurangnya perawatan setelah operasi.

Dia menderita defisiensi ginjal, dan kondisinya sangat parah sehingga dia harus terbaring di tempat tidur. Shangkun sekarang harus menjalani cuci darah setiap hari untuk membersihkan darahnya dari racun yang tidak bisa ditangani oleh ginjalnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...