Skip to main content

Jualan Martabak Telor di Cina Bisa Dapet Uang 2,3 Miliar, Gak Percaya? Nih Baca Aja!

Jianbing mirip martabak telor yang ada di indonesia foto: istimewa
Jianbing mirip martabak telor yang ada di indonesia foto: istimewa

Winnetnews.com - Seperti di Indonesia, China juga punya jajanan martabak telor yang cukup digandrungi, namanya jianbing. Di China jianbing dikenal sebagai pancake goreng khas China. Jianbing dibuat diatas wajan datar dengan isi campuran daging babi, daun bawang, telur, kentang, dan campuran bahan lainnya.

Meski panganan ini terlihat sederhana, ternyata para penjual jianbing meraup penghasilan yang cukup fanrastis. Umumnya mereka mendapatkan penghasilan yang bisa mengalahkan gajih pekerja kantoran di China. Mereka bisa mendapat penghasilan sampai sekitar 200 juta rupiah per bulan. Jika diakumulasikan, penghasilan para pedagang jianbing ini bisa mencapai 2,3 miliar. Wow, angka yang cukup fantastis bukan!

Fakta ini terungkap pasca beredar video viral antara pedagang jianbing dengan pembelinya. Mereka terlihat bertengkar hanya gara-gara telur. “Aku berpenghasilan sekitar 30 ribu yuan atau Rp 60 juta sebulan. Tidak mungkin aku mengurangi telur untuk jianbing-mu,” kata pedagang jianbing dalam video tersebut kepada pembelinya.

Video tersebut pun akhirnya menjadi kontroversi dan buah bibir netizen, lantaran memicu kecemburuan sosial di kalangan pekerja yang penghasilannya lebih rendah. Gak cuma itu, Jia Xiuying seorang pedagang jianbing lainnya pun ikut angkat bicara. Ia mengaku berpenghasilan sekitar 200 juta per bulan dari berjualan jianbing.

Seperti informasi yang didapat dari Nextshark, satu porsi jianbing dijual seharga 8 yuan atau Rp 16 ribu hingga 21 yuan atau Rp 279 ribu. Dia mengaku menghasilkan uang kurang lebih 100 ribu yuan atau Rp 201 juta per bulan.

Jia Xiuying berjualan jianbing sejak tahun 2001. Dia memulai usahanya dengan modal sedikit. Dia juga berasal dari ekonomi miskin. Berkat keuletannya berjualan jianbing, ia bisa mempunyai beberapa rumah dan sebuah mobil. Bahkan dia juga bisa membiayai anak-anaknya ke luar negeri. Saat ini Jia Xiuying bekerjasama dengan seorang temannya dalam mengembangkan bisnisnya.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top