Wajah Ma'ruf Amin Penuh Coretan saat Webinar, Jubir Wapres Minta Pelaku Diusut
Tangkapan layar ketika wajah Wapres Ma'ruf Amin dicoret-coretan ketika menjadi pembicara di webinar yang digelar UIN Malang.

Wajah Ma'ruf Amin Penuh Coretan saat Webinar, Jubir Wapres Minta Pelaku Diusut

Jumat, 5 Jun 2020 | 13:09 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, meminta penyelenggara Webinar Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang mengusut pelaku peretas acara diskusi yang digelar lewat aplikasi Zoom. Dalam acara tersebut, saat rekaman pidatonya diputar muncul gangguan dengan wajah Wakil Presiden Ma'ruf Amin dicoret-coretan tak beraturan berwarna merah dan biru secara bergantian.

"Saya minta pihak penyelenggara mencari tahu kenapa hal tersebut sampai terjadi. Saya berharap agar pihak UIN Malang bisa berkoordinasi dengan pihak keamanan (cyber) mengusut dan mencari tahu duduk perkara dari hal tersebut," kata Masduki kepada wartawan, Kamis, 4 Juni 2020.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh UIN Malang ini dan bertema “Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Menuju Era New Normal” itu Wakil Presiden Ma'ruf Amin diundang menjadi pembicara.

Ia diketahui tidak dapat hadir secara langsung karena sedang mengikuti rapat terbatas dengan presiden, tapi rekaman pidatonya diputar. Di pertengahan pidato Ma'ruf tayang, tampilan Zoom diretas. Wajah Ma'ruf di layar zoom dicoret-coret dengan tinta merah bertuliskan 'Gak Ada'

Setelah wajah Ma'ruf dicoret-coret di layar, kemudian tampilan wajahnya hilang hingga muncul layar hitam bertuliskan huruf-huruf tak teratur. Sekilas terbaca 'Mundur, Ok'. Peretasan berlangsung sekitar tujuh menit hingga Ma'ruf selesai menyampaikan pidatonya.

Insiden seperti ini juga dikenal dengan istilah zoombombing yang memang kerap terjadi. Zoombombing adalah bentuk ancaman pada para pengguna Zoom. Para peretas masuk lewat link yang disebarkan maupun celah keamanan yang ada.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...