Skip to main content

Jumlah Populasi Buaya Air Asin di Australia Makin Meningkat Tajam 

Populasi buaya air asin meningkat dan membahayakan keselamatan publik di Australia Barat. Foto: Istimewa
Populasi buaya air asin meningkat dan membahayakan keselamatan publik di Australia Barat. Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Populasi buaya air asin makin hari mengalami peningkatan di bagian utara Australia Barat. Hasil penelitian menyebutkan, pakar lingkungan memperkirakan tampaknya satwa liar ini akan terus bergerak ke daerah yang lebih banyak jumlah populasi penduduknya.

Penelitian ini dibantu oleh kumpulan data yang telah disusun dan selama beberapa dekade di Kimberley. Para peneliti mengukur populasi buaya selama 45 tahun sejak perburuan satwa ini dilarang di kota tersebut.

Survei tersebut menyebutkan populasi buaya air asin yang stabil untuk sementara berada di Northern Territory, tapi di bagian utara Australia Barat menunjukkan adanya kenaikan.

Tingkat pertambahan populasi buaya air asin di bagian utara negara bagian Australia Barat meningkat. Pernyataan ini disebutkan oleh seorang Ekolog dari lembaga pengelola taman dan satwa liar ( 'Parks and Wildlife', WA) Australia Barat bernama BenCorey, seperti yang dituliskan oleh situs ABCNews. Dia juga menyebutkan sepertinya populasi buaya air asin meningkat jumlahnya dengan tingkat peningkatan 3% per tahun.

"Kami sudah melakukan survei buaya di King River dan bagian lain dari Lower Ord, Kimberley, WA sejak 1986, dan ini merupakan survei terpanjang yang pernah kita lakukan terhadap buaya air asin di Kimberley. Pada tahun-tahun awal kami menghitung ada sekitar 20 dan 40 buaya sepanjang 40 kilometer atau lebih dari sungai, sekarang dalam beberapa tahun kita menghitung sebanyak 150 hewan berada di sepanjang daerah yang sama." Jelas Ben.

"Seiring berlalunya waktu, kami telah melihat ada peningkatan jumlah buaya yang lebih besar juga, jadi trend ini konsisten dengan populasi yang pulih dari ambang kepunahan," Lanjut Ben.

Sebelumnya di tahun 1971, buaya air asin dinyatakan sebagai salah satu spesies yang dilindungi, lantaran jumlahnya yang sangat rendah dan jarang sekali dijumpai di sekitar perairan Wyndham, Derby dan Broome. Jadi jika saat ini populasinya meningkat, bisa dibilang sebagai sebuah kesuksesan. Tetapi ini tentu berbahaya bagi keselamatan publik.

Hingga saat ini, telah terjadi peningkatan penampakan dan penutupan pantai di daerah yang didiami penduduk seperti Broome dalam beberapa tahun terakhir. Pihak pengelola taman dan satwa liar di Australia Barat telah melakukan pemindahan terhadap sebanyak 34 buaya air asin dari perairan di Kimberley dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Kebanyakan buaya yang dipindahkan itu terperangkap dan akhirnya petugaspun memindahkannya ke taman buaya di Broome. Tapi tidak semua dipindahkan, setengahnya juga ada yang ditembak mati.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top