Jungkook BTS Tidak Terdaftar di KOMCA dan Platform Musik untuk Lagu Grup, Fans Kesal

Nisa Diniah

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 1 Menit

Jungkook BTS Tidak Terdaftar di KOMCA dan Platform Musik untuk Lagu Grup, Fans Kesal
Foto: Pinterest.com

Winnetnews.com -  Fans BTS baru-baru ini dibuat geram oleh HYBE setelah mengetahui bahwa nama Jungkook tidak terdaftar di KOMCA (Asosiasi Hak Cipta Musik Korea) untuk single debut No More Dream. Hal ini tampaknya membuat fans kesal karena member termuda BTS itu adalah salah satu komposer lagu tersebut.

Fans menyatakan kekecewaannya karena Jungkook baru berusia 15 tahun ketika No More Dream dirilis, yang menunjukkan bahwa ia ikut menggubah lagu tersebut pada usia yang cukup muda, tetapi agensinya gagal memberikan kredit yang tepat untuknya.

Sebagai aksi protes, fans kompak meramaikan tagar #BighitRespectJungkook, untuk menyuarakan ketidakpuasan mereka terhadap HYBE Labels selaku agensi BTS.

Terungkap pula bahwa Jungkook memiliki peran utama dalam memproduksi lagu Jamais vu, seperti yang disebutkan oleh sesama member grupnya. Jamais vu adalah bagian dari album Map of the Soul: Persona, yang dirilis pada tahun 2019. Namun, Bighit belum memberikan kredit resmi kepada Jungkook untuk kontribusi ini.

Kurangnya apresiasi untuk Jungkook dari agensi tidak hanya di bidang musik, tetapi juga karya seni Jungkook. Diketahui Jungkook pernah menggambar Bang Si Hyuk, pendiri agensi grup, menggunakan desain yang unik untuk ide dan interpretasi Jungkook.

Desain tersebut kemudian digunakan oleh Bang Si Hyuk sebagai logo resminya untuk toko roti yang dia dirikan, tanpa memberikan royalti atau kredit kepada Jungkook, pencipta desain tersebut. Kurangnya pujian atau apresiasi untuk desain Jungkook dari Bang Si Hyuk bahkan sempat diungkap Jungkook sendiri dalam siaran Vlive.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...