Jus Buah dan Air Putih? Mana Sih yang Lebih Sehat

Muchdi
Muchdi

Jus Buah dan Air Putih? Mana Sih yang Lebih Sehat Foto: Shutterstock

Winnetnews.com - Minuman merupakan salah satu sumber yang sangat penting dalam masuknya sejumlah nutrisi ke dalam tubuh. Manfaat positif ini tak hanya didapat dari minuman seperti jus buah saja namun juga dari minuman sederhana seperti air putih.

Walau begitu, mana yang lebih baik di antara dua minuman tersebut untuk dikonsumsi? Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah perbandingan manfaat yang bisa dipetik dari air putih dan jus buah.

- Kalori

Air putih sama sekali tidak memiliki kalori di dalamnya. Sehingga kamu tak perlu khawatir apakah perutmu bertambah buncit atau badanmu jadi semakin gemuk jika kamu banyak minum air putih. Sedangkan jus buah mengandung banyak kalori di dalamnya. Oleh karena itu kamu disarankan untuk tidak menambahkan gula di dalam jus buah yang kamu buat. Pada hal ini, air putih memiliki kalori lebih rendah.

- Kandungan Gula

Selain rendah kalori, air juga tidak mengandung gula di dalamnya. Sementara tak jarang kamu menemui orang yang minum jus buah mengalami lonjakan gula darah di dalam tubuhnya.

Hal ini disebabkan karena buah mengandung gula alami di dalamnya. Sehingga lagi-lagi, sebaiknya kamu tak menambahkan gula di dalam jus buah dan ini berarti keunggulan lagi dari air putih.

- Kemampuan Hidrasi Tubuh

Air putih mampu menghidrasi tubuh kamu dengan baik. Memang, jus buah yang mengandung air juga bisa menghidrasi tubuhmu. Namun, air putih lah yang lebih jitu dalam menangani urusan tersebut.

- Kemampuan Membersihkan Racun

Kandungan serat dalam jus buah diketahui bermanfaat untuk membersihkan seluruh racun dalam tubuh terutama yang ada di dalam sistem pencernaan. Namun kamu juga harus ingat bahwa air putih juga memiliki kemampuan alami untuk melaksanakan tugas tersebut. Sehingga ada baiknya kamu rajin minum air putih, terutama air putih hangat agar manfaat sehat yang kamu dapatkan lebih maksimal.

- Biaya

Saat kamu membuat jus buah, tentu biaya yang kamu keluarkan lebih dari air putih yang kamu minum. Belum lagi kamu juga sebaiknya memilih buah organik yang lebih mahal dibanding buah biasa untuk membuat jus buahmu lebih sehat.

- Tingkat Kepraktisan

Terakhir, saat kamu minum air putih, maka kamu bisa langsung menuangkannya di gelas dan meminumnya. Namun jika kamu ingin minum jus buah, maka kamu harus mengupas buahnya terlebih dahulu. Kemudian memotong buahnya dan membuatnya jadi jus.

Dari sejumlah manfaat yang bisa dipetik tersebut, air putih memiliki kelebihan dan kemudahan dibanding jus buah. Walau begitu, jus buah tetap merupakan minuman yang menyehatkan dan sebaiknya juga tetap kamu konsumsi.

 

 

Penulis : Muchdi
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?