Jus Tomat Bisa Turunkan Tensi Darah?
ilustrasi

Jus Tomat Bisa Turunkan Tensi Darah?

Jumat, 2 Agt 2019 | 07:16 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Ada banyak cara menurunkan tekanan darah yang alami jika Anda didiagnosis memiliki hipertensi. Nah, salah satunya menurut studi terbaru dalam jurnal Food Science & Nutrition adalah dengan jus tomat. Minum jus tomat dipercaya dapat membantu pengidap hipertensi menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Baca terus untuk penjelasan lengkapnya.

Sekilas tentang hipertensi di Indonesia

Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013 yang dikutip dari depkes.go.id, jumlah kasus hipertensi di Indonesia sudah mencapai 25,8 persen dari total penduduk. Kasus terbanyak ada di Bangka Belitung (sebesar 30 persen) dan terendah di Papua (sebesar 16,8 persen).

Data lain dari Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) tahun 2016 menunjukkan adanya peningkatan hipertensi pada penduduk berusia 18 tahun ke atas sebesar 32,4 persen. Data BPJS Kesehatan pun melaporkan adanya peningkatan alokasi biaya untuk pengobatan hipertensi, yang semula 2,8 triliun pada 2014 menjadi 3,8 triliun pada 2015 dan 4,2 triliun pada tahun 2016.

Hipertensi merupakan pembunuh diam-diam karena kehadiran gejalanya jarang disadari sampai setelah terjadi komplikasi. Jika tidak mendapat penanganan, hipertensi berpotensi menyebabkan stroke, penyakit jantung koroner (PJK), diabetes, gagal ginjal, hingga kebutaan.

Dari seluruh kemungkinan komplikasi tersebut, stroke (51 persen) dan PJK (45 persen) merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia akibat hipertensi. Menurut data Sample Registration System (SRS) tahun 2014, yang juga dikutip dari depkes.go.id, hipertensi dengan komplikasi menjadi penyebab kematian nomor lima pada semua kelompok umur di Indonesia

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...