KA Kontainer Jakarta-Bandung Apa Perlu?

KA Kontainer Jakarta-Bandung Apa Perlu?

Senin, 11 Jan 2016 | 18:59 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Pengangkutan kereta api (KA) kontainer Jakarta-Bandung diyakini bisa menurunkan tingkat kepadatan di Pelabuhan Tanjung Priok dan lalu lintas jalan Jakarta-Bandung. Hal itu terkait layanan pengangkutan KA kontainer yang diselenggarakan oleh PT Multi Terminal Indonesia (MTI), anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, yang bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Layanan ini juga berpotensi menurunkan biaya logistik karena pengurangan penanganan barang selama proses transportasi," kata praktisi kepelabuhanan Supply Chain Indonesia (SCI) Anang Hidayat dalam pernyataan tertulisnya kepada Investor Daily, Minggu (10/1)

Menurut Anang, masih ada empat manfaat lain yakni penurunan tingkat polusi karena pengurangan pengguna lalu lintas jalan Jakarta-Bandung. Kedua, peningkatan return dengan pertambahan ritase, peningkatan usia kendaraan, dan pengurangan biaya operasional dan pemeliharaan armada bagi transporter. Ketiga, peningkatan pola kerja sama antarsesama forwarder pengusaha pengurusan jasa kepabeanan (PPJK). Terakhir, jasa angkutan tersebut dapat meningkatkan pendapatan Stasiun Pasoso dan Terminal Peti Kemas (TPK) Gedebage.

Supply Chain Indonesia (SCI) merupakan lembaga independen yang bergerak dalam kegiatan pendidikan, pelatihan, konsultasi, penelitian, serta pengembangan bidang logistik dan supply chain di Indonesia. SCI menjadi wadah informasi, interaksi, dan komunikasi para praktisi, akademisi, birokrasi, peneliti, dan pemerhati bidang logistik dan supply chain di Indonesia.

(seperti dilansir dari BeritaSatu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...