Kabar Buruk Bagi Para Pengguna Android

Kabar Buruk Bagi Para Pengguna Android

Perusahaan keamanan Trend Micro, belum lama ini melaporkan bahwa ada sejumlah bug yang menyerang smartphone dengan sistem operasi tertentu. Laporan ini adalah kelanjutan dari temuan bug yang diungkap oleh peneliti pada awal minggu ini.

"Kami telah menemukan kerentanan pada perangkat Android yang bisa membuat ponsel mati dan diam mendadak, tidak dapat melakukan panggilan, dan layar terlihat seperti `tak bernyawa`," tulis Engineer Trend Micro, Wish Wu.

Mengutip laman liputan6.com, bug tersebut ternyata mampu menargetkan perangkat Android yang menjalankan versi Jelly Bean 4.3 hingga Lollypop 5.1.1 yang jumlahnya separuh lebih dari semua perangkat Android yang ada saat ini.

Namun, pengguna tak perlu terlalu khawatir tentang hal ini karena berbeda dengan bug 'Stagefright' yang ditemukan Senin lalu, dimana bisa mengakses telepon pengguna dari pesan media yang sederhana.

Kerentanan ini memaksa pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi atau situs berbahaya. Bug terbaru ini bisa diperbaiki hanya dengan me-restart perangkat Android. Dengan kata lain, bug itu tidak terlalu berbahaya.

Google, sebagai pembuat sistem operasi Android bahkan telah mengatasi masalah itu. "Kami akan memberikan perbaikan pada versi Android berikutnya," kata juru bicara Google kepada Huffington Post.