Kabar Buruk, Layanan iTunes Radio Tidak Lagi Gratis

Kabar Buruk, Layanan iTunes Radio Tidak Lagi Gratis

Senin, 18 Jan 2016 | 11:08 | Yudha Raditya

WinNetNews.com - Terhitung mulai 28 Januari 2015, iTunes Radio tidak lagi gratis. Dalam sebuah e-mail kepada pelanggan, Apple, sebagaimana dikutip dari Tech Crunch, Senin (18/1/2016), mengatakan bahwa layanannya ini hanya akan tersedia bagi pelanggan Apple Music, yang bertarif US$ 9,99 per bulan.

Kendati demikian, Apple masih akan tetap menawarkan radio gratis lainnya. Saluran-saluran Beats 1 misalnya, dengan live DJ, akan tetap beroperasi.

Kepada TechCrunch, Apple mengatakan, "Bagi pendengar Apple Music Radio yang didukung iklan, hanya tersedia di Amerika Serikat dan Australia, kami membuat siaran gratispremier Beats 1 dari Apple dan menghapus setahap demi setahap stasiun yang didukung iklan pada akhir Januari."

Selain itu, lanjut Apple, dengan keanggotaan Apple Music, pendengar dapat mengakses puluhan stasiun radio yang dikurasi oleh tim ahli, yang meliputi berbagai genre, bebas iklan komersial, dengan fitur 'skip' tidak terbatas. Percobaan tiga bulan gratis Apple Music juga meliputi fitur radio.

Pada dasarnya iTunes Radio berfungsi mirip seperti Pandora--sebuah layanan radio dengan fitur 'skip' terbatas dan tidak dibekali kontrol atas urutan lagu yang dimainkan.

Dari sini, tampak bahwa Apple Music yang diperkenalkan musim beberapa bulan lalu, telah menjadi prioritas bagi Apple. Sebagai pesaing Spotify, Apple Music telah mulai menunjukkan taringnya, seperti yang ditunjukkan oleh laporan terbaru yang menyebutkan bahwa layanan ini mengantongi 10 juta pelanggan.

Meski belum mengonfirmasi angka tersebut, Apple mengatakan bahwa sedikitnya 6,5 juta orang telah mendaftar per Oktober 2015 lalu.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...