Kabar Buruk untuk Gamers, MUI Berencana Akan Haramkan PUBG

Daniel
Daniel

Kabar Buruk untuk Gamers, MUI Berencana Akan Haramkan PUBG Istimewa

Winnetnews.com - Tidak bisa dimungkiri jika perkembangan game di smartphone semakin pesat. Banyak game yang pada awalnya hanya berada di satu platform saja seperti PC atau konsol, kini dibuat juga versi mobilenya. Salah satu yang paling populer adalah Playerunknown’s Battlegrounds atau biasa dikenal dengan PUBG.

Baru-baru ini Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk mengeluarkan fatwa haram terhadap game yang bergenre battle royale tersebut. Keputusan MUI itu bukanlah tanpa dasar.

Kasus penembakan di Selandia Baru yang dilakukan di dua masjid di daerah Christchurch jadi faktor utama. Ada desas-desus yang menyebutkan bahwa pelaku penembakan brutal terinspirasi dari game PUBG. Atas dasar itulah MUI berwacana untuk mengeluarkan fatwa haram kepada game PUBG.

Mengutip Detik, sekretaris MUI Jawa Barat Rafani Achyar mengatakan: “Kita sekarang kumpulkan bahan. Nanti sudah ada kajian oleh kita (baru) disampaikan ke pusat. Memang belum ada karena anak main game jadi brutal.”

“Tapi karena ada berita di Selandia Baru pelaku terinspirasi (dari PUBG), kita lakukan kajian ini.” Tambahnya. Lisensi game PUBG Mobile di Indonesia dipegang oleh Garena. Sejauh ini game yang juga bisa dimainkan di PC tersebut sudah diunduh lebih dari 100 juta user secara global.

Apa Reaksi Kamu?