Kabar Gembira, Saat ini Ada Aplikasi 'Perlindungan Anak Online' Loh

Kabar Gembira, Saat ini Ada Aplikasi 'Perlindungan Anak Online' Loh

WinNetNews.com - Anak-anak kita dalam jangkauan tindak kejahatan, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih waspada. Apabila anak-anak sedang dalam situasi berbahaya, lembaga sosial masyarakat (LSM) "Pandawa Care" meluncurkan aplikasi berbasis Android yang diberi nama "Perlindungan Anak Online".

Pengembang aplikasi tersebut, Eka Yudistira, menjelaskan, melalui fitur Panic Button yang ada dalam aplikasi Perlindungan Anak Online, penggunanya bisa meminta bantuan kepada lima orang terdekat apabila mengalami kondisi berbahaya. Hanya dengan menekan tombol Panic Button, lanjut dia, SMS permintaan tolong langsung terkirim ke ponsel lima orang terdekat, lengkap dengan posisi terakhir pengguna dan tautan atau link yang langsung terhubung ke GPS.

Sebelum mengalami kondisi berbahaya tersebut, jelas Eka, tentunya pengguna aplikasi ini harus memasukkan dulu beberapa nomor telepon orang terdekat yang bisa dimintai pertolongan.

"Kalau kita lihat berita di media, kejahatan terhadap anak-anak semakin meningkat saja. Dengan aplikasi ini, kita harapkan anak-anak bisa lebih mendapatkan perlindungan, karena aplikasi ini juga langsung terhubung dengan mitra-mitra kami seperti Mabes Polri, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), sampai ketua RT," ungkap Eka Yudistira, di gedung KPAI, di Jakarta, Senin (25/4).

Tak harus masuk ke dalam aplikasi, menurut Eka, tombol Panic Button juga bisa digunakan dengan cara menekan tombol power sebanyak minimal lima kali. Cara ini bisa dipilih apabila kondisi yang dihadapi anak-anak tak memungkinkan lagi untuk membuka aplikasi terlebih dahulu.

Selain Panic Button, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur menarik yang sangat berguna tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Di antaranya fitur Pandawa Help untuk meminta bantuan secara cepat kepada pihak berwajib, fitur konseling, serta artikel-artikel dunia parenting.

Di tahap awal ini, aplikasi Perlindungan Anak Online baru bisa diunduh lewat perangkat Android. Untuk iOS, aplikasi ini baru bisa dinikmati akhir tahun 2016. 

Sumber: Beritasatu.com

Foto: bandungekspres.co.id