Kabar Gembira, Tahun Depan Rumah di Bawah 1M Bebas Bayar PBB

Kabar Gembira, Tahun Depan Rumah di Bawah 1M Bebas Bayar PBB

image0

Ilustrasi (wingamers/pajak-ind)

Jakarta, wingamers - Kabar gembira bagi warga jakarta, kabarnya Pemprov DKI Jakarta berencana membebaskan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) pada tahun 2016. Kebijakan baru ini diperuntukkan bagi warga yang tinggal di Rumah Susun (Rusun) dan rumah yang harganya di bawah Rp 1 miliar.Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi beban ekonomi warga.

Kebijakan ini diawali dari keprihatinan terhadap warga DKI Jakarta, yang ternyata masih banyak yang berada di bawah garis kemiskinan.Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan terjadi bila penghasilan di bawah 2.500 kalori atau Rp 450 ribu per bulan. Kemudian setelah dilakukan survei ternyata sebanyak 17% orang yang hidup di Jakarta berada di bawah KHC (Kebutuhan Hidup Cukup) itu sendiri.

Memang untuk bertahan hidup di Jakarta tidaklah mudah, ada sejumlah tanggungan yang wajib dikeluarkan setiap bulannya seperti transportasi, biaya rumah dan bahan pangan, serta biaya anak sekolah. Oleh sebab itu, kebijakan ini bisa meringankan beban kehidupan warga kalangan menengah ke bawah di Ibu Kota.Selain itu akan ada kebijakan bagi transportasi umum. Yakni seluruh kendaraan umum yang ada di Jakarta, akan dibuat kerjasama agar dibayar per kilometer. sehingga nantinya tidak angka memberatkan ongkos warga Jakarta. Kemudian tidak hanya warga yang menggunakan alat transportasi darat yang akan merasakan kebijakan pemerintah dalam meringankan beban transportasi warga, seluruh kapal penyebrangan juga akan dibayar rupiah per mil. Sehingga ada atau tidak ada penumpang mereka bisa tetap jalan dan mempermudah akses warga di sana.