Kabareskrim: Penculikan Ling Ling, Bukti Transnational Crime Itu Ada!

Zulkarnain Harahap
Zulkarnain Harahap

Kabareskrim: Penculikan Ling Ling, Bukti Transnational Crime Itu Ada! Kabareskrim Polri saat memberikan pengarahan deradikalisasi di PTIK. Foto: Zool/WNN

WinNetNews.com – Kasus penculikan yang melibatkan lintas negara akhirnya tuntas dengan segera. Saat ini, para penculik Ling Ling tinggal menunggu waktu untuk dideportasi dari Indonesia menuju Malaysia. Para pelaku masih dalam proses interogasi dari Polisi Diraja Malaysia (PDRM) didampingi Tim Satgas Bareskrim Polri.

Kasus ini merupakan salah satu bentuk kejahatan lintas negara,” ungkap Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri, Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto, saat dihubungi melalui pesan singkat oleh WinNetNews.com, Minggu (19/3/2017).

Ari Dono menyatakan, keberhasilan pengungkapan dengan segera antara Polri dengan PDRM merupakan hasil kerjasama antar negara di kawasan Asia Tenggara yang salah satunya sudah menjadi kesepakatan bersama dalam forum Senior Official Meetings of Transnational Crime (SOMTC).

Salah satu manfaat bergabungnya penegak hukum di kawasan Asia Tenggara melalui SOMTC dibuktikan pada hari ini, penuntasan kasus penculikan Ling Ling dengan segera,” kata Ari.

Jenderal bintang tiga ini juga menambahkan, dirinya tidak bisa membayangkan jika pengungkapan itu mesti berhadapan dengan tembok birokrasi antar negara terlebih dahulu.

Bisa dibayangkan kalau mau mengungkapkan kasus ini mesti lapor sana sini, tanda tangan sana sini terlebih dahulu, kan?,” kata Ari.

Penyergapan para penculik Ling Ling dilakukan di lokasi persembunyian, sebuah tempat terpencil di Tamiyang, Batuaji, Batam. Tim yang membekuk dipimpin oleh Kombes Herry Heryawan pada Minggu pagi, pukul 05.15 WIB, merupakan Satgas dari Bareskrim Polri.

Keenam pelaku yakni Puncahyadi, Saleh, Atanassius, Baltasar, David dan Hartadi. Saat ini mereka masih diinterogasi oleh PDRM. Selain itu, polisi juga mengamankan Ling Ling di lokasi itu.

Penculikan Ling Ling terjadi di rumahnya di Malaysia sejak Selasa( 21/2/2017) silam, sekitar pukul 19.25 waktu setempat. Para pelaku berjumlah 4 orang masuk ke dalam rumah dan membawa lari Ling Ling. Saat itu, Ling Ling sedang bersama 2 orang pembantunya. Para pelaku kemudian masuk ke rumah dan membuat 2 pembantu itu berlari ketakutan ke ruangan tengah.

Ling Ling yang saat itu memakai baju terusan dilapis celana panjang hitam kemudian diseret oleh para pelaku. Ling Ling kemudian dibawa ke Batam. Belum jelas sejak kapan Ling Ling dibawa ke Batam. Pihak Kepolisian Diraja Malaysia (PDRM) yang menerima laporan soal penculikan Ling Ling kemudian berkoordinasi dengan Polri.

Apa Reaksi Kamu?