Kacang Kedelai Juga Bisa Jadi Camilan Sehat Penderita Diabetes
ilustrasi

Kacang Kedelai Juga Bisa Jadi Camilan Sehat Penderita Diabetes

Jumat, 5 Jul 2019 | 07:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Katanya, penderita diabetes tidak boleh ngemil kalau ingin menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Padahal, Anda boleh, kok, ngemil walaupun memiliki diabetes. Asalkan Anda memahami betul sumber makanan apa saja yang bisa mendukung snacking Anda. Nah, salah satu camilan sehat yang digadang-gadang baik bagi diabetesi adalah kacang kedelai.

Ya, kedelai termasuk sumber camilan sehat kaya nutrisi yang bisa bantu jaga kesehatan penderita diabetes. Memangnya, apa, sih, kebaikan kedelai bagi diabetesi? Simak semuanya dalam ulasan berikut ini, ya!

Kenali dulu, kandungan nutrisi dalam kacang kedelai

image0

Seperti halnya jenis kacang-kacangan lainnya, kacang kedelai tak kalah kaya dengan berbagai nutrisi penting dan sudah banyak dikenal sebagai sumber protein yang baik.

Dalam 100 gram kacang kedelai mentah dapat menyumbang hingga sekitar 30,2 gram protein, dilansir dari laman Data Komposisi Pangan Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Indonesia.

Tidak hanya sampai di situ, karena berasal dari tumbuh-tumbuhan, maka kandungan serat yang ada dalam kacang kedelai sudah tidak diragukan lagi. Terbukti, dalam kacang kedelai segar seberat 100 gram dapat menyumbang sebesar 2,9 serat.

Menariknya lagi, kacang kedelai dilengkapi dengan kandungan isoflavon, yang bisa bantu jaga tubuh dari serangan radikal bebas yang diakibatkan oleh paparan bahan kimia, polusi, serta radiasi. Tak lengkap rasanya kalau tidak menyebutkan vitamin dan mineral apa saja yang mendukung sehatnya kacang yang satu ini, yang meliputi mangan, zat besi, fosfor, folat, tembaga, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin K.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...