(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kadiv Humas Mabes Polri: Aparat Cari Pelaku Informasi Palsu Gunung Agung Telah Meletus

Karna H.
Karna H.

Kadiv Humas Mabes Polri: Aparat Cari Pelaku Informasi Palsu Gunung Agung Telah Meletus Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto/Foto: Karna WNN

WinNetNews.com – Sejak 18 September 2017, aktivitas Gunung Agung di Bali mengalami peningkatan status. Status gunung tertinggi di Pulau Bali ini juga ditingkatkan menjadi awas, sehingga puluhan ribu warga kini sudah dievakuasi oleh pemerintah setempat yang langsung bergerak cepat. Tapi kemudian, warga sekitar kawasan Gunung Agung menjadi panik karena beredarnya informasi palsu bahwa Gunung Agung telah meletus bahkan disebut-sebut juga sudah memakan korban dan sebagainya.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Irjen Pol. Setyo Wasisto mengatakan, tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri tengah mencari siapa pelaku yang membuat informasi palsu itu.

"Kami sedang profiling, sedang mencari. Moga-moga jejak digitalnya masih ada dan terlacak oleh kami," kata Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (25/09/2017).

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri ini mengimbau kepada masyarakat agar bijak dalam menggunakan media sosial. Sebab, saat masyarakat tengah mendapat musibah malah ada orang yang tidak bertanggung jawab tega menyebarkan informasi yang tidak benar.

Selain itu, informasi palsu ini kata Setyo, akan berdampak tidak baik jika dilihat oleh anak-anak. Apalagi saat ini, informasi sangat mudah diakses oleh masyarakat, seperti melalui smartphone.

"Kalau menurut Menkominfo, jangan pencet dulu, baru mikir. Pikir dulu baru pencet," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah menyesalkan adanya informasi bohong itu. Bahkan dengan tegas BNPB juga menyatakan agar tidak main-main dengan bencana.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});