Kaitan antara Hobi Begadang dan Kanker Hati

Rusmanto
Rusmanto

Kaitan antara Hobi Begadang dan Kanker Hati ilustrasi
Winnetnews.com - Belakangan ini ada pesan berantai di media sosial dan aplikasi percakapan ponsel pintar yang menyebut hobi begadang bisa menyebabkan kenaikan risiko terkena kanker hati. Apakah pesan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Pesan yang Menyebut Hobi Begadang Bisa Picu Kanker Hati

Dalam pesan tersebut, disebutkan bahwa di malam hari tubuh melakukan proses detoksifikasi tubuh. Pesan ini diklaim berasal dari National Taiwan Hospital dan menyarankan kita untuk tidak tidur lebih dari pukul 22.00 malam.

Pesan ini menyebut pukul 23.00 hingga 01.00 dini hari adalah waktu saat hati melakukan proses pembersihan racun atau detoksifikasi. Proses ini baru bisa dijalankan jika kita tidur dengan nyenyak. Sementara itu, di waktu pukul 01.00 hingga 03.00, terjadi proses detoksifikasi di empedu dan dua jam kemudian terjadi proses detoksifikasi di paru-paru.

Setelah pukul 05.00 hingga 07.00, sangat disarankan untuk buang air besar karena di waktu inilah usus besar melakukan proses detoksifikasi. Sementara itu, pukul 07.00 hingga 09.00 adalah saat terbaik bagi usus halus menyerap makanan sehingga sebaiknya kita sarapan pagi.

Isi dari pesan ini sebenarnya sangat bagus karena meminta kita untuk tidur dengan waktu yang cukup setiap malam dan tidak begadang karena kebiasaan ini memang bisa memberikan dampak buruk bagi sistem metabolisme dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, sarapan pagi sebelum pukul 09.00 juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Apa Reaksi Kamu?