Kaitan Makan Pisang dan Kualitas Tidur Malam

Rusmanto
Rusmanto

Kaitan Makan Pisang dan Kualitas Tidur Malam ilustrasi
Winnetnews.com - Ada banyak sekali mitos dan anggapan tentang makan pisang. Masalahnya adalah tidak semua mitos ini sesuai dengan fakta kesehatan. Sebagai contoh, kita tentu pernah mendengar anggapan yang menyebut makan pisang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sebenarnya, apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Manfaat Pisang bagi Kualitas Tidur

Sebagian besar orang mengonsumsi pisang di pagi hari karena dianggap cocok untuk dijadikan menu sarapan. Apalagi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sementara itu, ada juga orang yang menganggap pisang sebagai camilan yang cocok untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Padahal, pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk makan pisang di malam hari, khususnya di waktu sebelum tidur.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mineral yang cukup tinggi di dalamnya. Sebagai informasi, mineral ini adalah asam amino yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan potasium yang bisa membuat otot menjadi lebih rileks sehingga kita pun bisa dengan mudah memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak.

Pakar kesehatan menyebut di dalam satu buah pisang berukuran besar memiliki sekitar 487 mg potasium atau sekitar 10 persen dari kebutuhan potasium harian tubuh. Sementara itu, di dalam pisang dengan ukuran besar juga terdapat magnesium dengan jumlah 37 mg atau sekitar 12 persen dari kebutuhan manusia dewasa. Kandungan-kandungan ini bisa memberikan efek layaknya obat tidur.

Di dalam pisang juga bisa ditemukan triptofan, sejenis asam amino yang juga mampu membuat kita tidur dengan lebih cepat. Kandungan ini akan membuat produksi hormon serotonin yang membuat tubuh dan pikiran lebih nyenyak dan hormon melatonin yang membuat kita mengantuk meningkat dengan signifikan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Pineal Research, dihasilkan fakta bahwa orang dewasa yang makan pisang akan mengalami peningkatan kadar hormon melatonin dalam waktu dua jam usai makan pisang. Hal ini akan membuat mereka lebih mengantuk dan mudah terlelap.

Jika konsumsi pisang ini juga dilanjutkan dengan konsumsi susu hangat, efeknya dalam membuat mudah mengantuk dan tidur lebih nyenyak juga semakin meningkat. Karena alasan inilah memang sebaiknya kita rutin makan pisang di malam hari demi membuat kualitas tidur kita semakin membaik.

Apa Reaksi Kamu?