(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kaki Sering Merasakan Kesemutan Kemungkinan ini Tanda Penyakit Arteri Perifer

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Kaki Sering Merasakan Kesemutan Kemungkinan ini Tanda Penyakit Arteri Perifer

Semua orang pasti pernah mengalami kesemutan dan tidak dianggap sebagai sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan. Ini karena biasanya rasa kesemutan muncul karena terlalu lama duduk bersila dan kesemutan akan hilang dengan sendirinya jika kaki diluruskan. Hal itu memang terjadi karena tekanan pembuluh darah saat duduk.

Namun, jika kesemutan sering terjadi dan tanpa sebab yang jelas, Anda perlu waspada. Kesemutan seperti itu bisa jadi tanda adanya masalah serius pada pembuluh darah. Salah satunya penyakit arteri perifer atau peripheral arteri disease.

Dokter Spesialis Bedah Vaskular dan Endovaskular Alexander Jayadi Utama mengatakan bahwa Arteri perifer biasanya tahap awal gejalanya, kakinya dingin, sering kesemutan, berjalan kaki sakit.

Alex menjelaskan, arteri perifer merupakan penyakit penyumbatan pembuluh darah di kaki akibat adanya plak lemak. Sering kali penyakit ini tak terdeteksi sejak awal karena tak disadari penderitanya.

"Biasanya pasien datang terlambat. Jari-jari kaki sudah menghitam, mengerut seperti mumi. Itu komplikasi dari penyumbatan pembuluh darah perifer di kaki," terang Alex.

Penyakit ini rentan terjadi pada pasien diabetes. Jika kaki sudah menghitam, pasien pun tidak merasa sakit karena gangguan saraf perifer.

Dokter Spesialis Bedah Vaskular dan Endovaskular Suhartono menambahkan, kaki menghitam juga akan disertai luka kering berbau busuk karena kematian jaringan. Menurut Suhartono, sering pasien mengira luka timbul karena digigit serangga atau terbentur benda keras. Dalam kasus yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan kaki pasien harus diamputasi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});