Kalah Lagi, Suporter Timnas Indonesia Makin Kecewa

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Kalah Lagi, Suporter Timnas Indonesia Makin Kecewa Supachok Sarachat (kanan) mempertahankan bola dari pemain timnas Indonesia. (Foto: FOX Sport Asia)

Winnetnews.com - Rasa kecewa yang mendalam dirasakan para suporter Timnas Indonesia yang kembali harus menelan pil pahit setelah tim sepak bola Indonesia digulung 11 pemain Thailand dengan skor 3-0 dalam laga kedua Babak Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2019), sepi dari dukungan suporter Timnas Indonesia karena kekecewaan usai kalah dari Timnas Malaysia, bahkan berbuntut kericuhan di dalam dan luar SUGBK.

Melansir laman Detik.com, skuat Garuda dipaksa menyerah 0-3 di tangan tim tamu, yang dicetak oleh Supachok Sarachat (2) dan Theerathorn Bunmathan. Seluruh gol dilesakkan pada babak kedua.

Gelontoran tiga gol yang bersarang di gawang kiper Andritany Ardhiyasa ini memang terasa menyesakkan bagi Indonesia. Terlebih, tim tamu hanya membawa satu pemain penyerang dalam lawatannya ke Jakarta, yaitu Supachai Jaided.

Pada laga sebelumnya menghadapi Vietnam, Jaided baru masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua. Hal ini disebabkan karena taktik dari pelatih Akira Nishino untuk menerapkan strategi false nine, atau formasi tanpa striker murni di timnas Thailand.

Pelatih Nishino lebih memilih memainkan gelandang Thitipan Puangchan dan Supachok Sarachat di lini serang timnas Thailand. Namun, strategi ini tidak bisa diterapkan di laga vs Indonesia karena Puangchan harus menepi dari lapangan.

Pemain yang berlaga di Liga Jepang bersama Oita Trinita itu mengalami cedera saat duel kontra Vietnam. Alhasil, Nishino menurunkan Supachai sebagai starter menghadapi timnas Indonesia.

Sisanya, pelatih Akira Nishino memanfaatkan pemain gelandangnya untuk membantu lini serang dalam mengacak-acak pertahanan Garuda. Formasi 4-5-1 digunakan oleh Thailand, dengan Supachai ditempatkan sebagai penyerang lubang.

Meski minim pemain penyerang, namun Thailand lebih baik dalam segi penyerangan. Skuat asuhan Nishino itu unggul dalam melesakkan tembakan ke arah gawang, yakni tujuh kali berbanding tiga milik Indonesia.

Gelandang serang Supachok Sarachat menjadi bintang lapangan dalam pertandingan tadi malam. Pemain bernomor punggung 7 itu sukses mencetak dua gol ke gawang Indonesia.

Supachok juga berkontribusi atas gol dari titik putih yang dicetak oleh bek Theerathorn Bunmathan. Pemain asal Buriram United itu yang dilanggar oleh Andritany di dalam kotak penalti.

Apa Reaksi Kamu?